OTG COVID-19 di Kepri membeludak, capai ribuan orang

id OTG, COVID 19,di Kepri,membludak,OTG COVID-19 di Kepri membeludak,OTG COVID-19 di Kepri ribuan

OTG COVID-19 di Kepri membeludak, capai ribuan orang

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Orang tanpa gejala (OTG) yang pernah kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau membeludak mencapai ribuan orang berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan, jumlah OTG di wilayah itu mencapai 3.452 orang, bertambah 94 orang.

"Jumlah OTG di Kepri sangat banyak berdasarkan hasil penelusuran tim," ujarnya.

Ia merincikan OTG di Kepri tersebar di Karimun sebanyak 279 orang, Batam mencapai 2.294 orang, Tanjungpinang 805 orang, Bintan 130 orang, dan Natuna 10 orang.

"Sebagian besar OTG sudah melakukan karantina mandiri, dan sembuh setelah swab dua kali," ucapnya.

Tjetjep mengatakan seluruh OTG yang terdata telah dilakukan tindakan medis sesuai protokol kesehatan. Tindakan medis yang dilakukan seperti mengambil swab dari tubuh OTG tersebut.

"OTG harus karantina mandiri selama 14 hari. Ini tentu dalam proses pengawasan," katanya.

Ia mengatakan jumlah pasien positif COVID-19 di Kepri 101 orang, bertambah tiga orang pada hari ini. Pasien tersebut terbagi menjadi dua yakni pasien yang merupakan warga Kepri sebanyak 72 orang, dan 29 orang pasien asal luar Kepri yang dirawat di RS Galang, Batam.

Pasien positif COVID-19 yang dikarantina tinggal 2 orang, berkurang 4 orang hingga hari Jumat ini, sedangkan pasien yang dirawat 17 orang, bertambah 3 orang. Sementara pasien yang sembuh 68 orang, bertambah 5 orang, dan pasien yang meninggal dunia 10 orang.

"Alhamdulillah banyak pasien yang sembuh," tuturnya, yang juga Plt Kadis Kesehatan Kepri.

Tjetjep mengatakan pasien dalam pengawasan (PDP) di Kepri sebanyak 400 orang, bertambah 8 orang. PDP yang sudah selesai diawasi sebanyak 318 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) di Kepri sebanyak 3.629 orang, bertambah 71 orang. ODP di Kepri yang selesai dipantau sebanyak 3.311 orang.