Pemkab Pringsewu bentuk Forbis bantu pemasaran produk UMKM, petani dan peternak

id Lampung, pringsewu, virus corona,umkm prongsewu

Pemkab Pringsewu bentuk Forbis bantu pemasaran produk UMKM, petani dan peternak

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi SE memimpin rapat tindak lanjut upaya pemerintah daerah untuk membantu kegiatan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM)/petani/peternak di Kabupaten Pringsewu dalam masa pandemi COVID-19. (Antaralampung/HO/Pemkab Pringsewu)

Jika ini tercapai, maka Kabupaten Pringsewu dapat dijadikan contoh bagi daerah lain dalam hal keterbukaan publik
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi SE memimpin rapat tindak lanjut upaya pemerintah daerah untuk membantu kegiatan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM)/petani/peternak di Kabupaten Pringsewu dalam masa pandemi COVID-19, dengan membentuk Forum Bisnis (Forbis).

"Ini tindak lanjut untuk membantu pemasaran produk UMKM/petani/peternak, Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan mengerahkan seluruh admin website dan media sosial seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan, untuk dapat membantu memasarkan atau mempromosikan melalui akun website dan media sosial masing-masing," kata Fauzi, di Pringsewu, dalam rilis diterima, Kamis.

Menurutnya, admin website dan media sosial dapat lebih aktif dan berinovasi, tidak hanya sekadar memberitakan kegiatan-kegiatan yang sedang atau telah dilaksanakan oleh kantornya. Khususnya admin kecamatan dan kelurahan, dapat memperkenalkan kebudayaan, wisata maupun potensi-potensi yang ada, seperti hasil pertanian dan peternakan masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Oleh karena itu, diharapkan juga admin website dan media sosial ke depannya tidak hanya sampai di tingkat kelurahan, tapi di tingkat pekon ada adminnya masing-masing, sehingga semua potensi dalam semua bidang dapat lebih tergali dan berkembang. Jika ini tercapai, maka Kabupaten Pringsewu dapat dijadikan contoh bagi daerah lain dalam hal keterbukaan publik. Secara otomatis perekonomian masyarakat Kabupaten Pringsewu juga akan meningkat," ujarnya lagi.
Baca juga: Pemkab Pringsewu gelar rapat sikapi dampak COVID-19 bagi UMKM


Di bawah arahan langsung Wakil Bupati Pringsewu, Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk membantu memasarkan produk UMKM/petani/peternak akan membentuk grup facebook yang diberi nama Forum Bisnis (Forbis) Pringsewu yang akan dikelola oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Pringsewun, dibantu oleh admin dari OPD Diskoperindag, Dinas Pertanian, dan Dinas Perikanan, beranggotakan seluruh OPD, kecamatan, dan kelurahan.

Suchairi Sibarani yang juga pengelola grup Pringsewu Community pada medsos facebook mengatakan, sebagai admin media sosial tidak hanya terfokus pada pemberitaan kegiatan kantornya. Tetapi bagaimana cara menarik orang lain untuk dapat bergabung atau berteman dengan akun kita, tidak hanya menunggu orang lain yang mengirimkan kita pertemanan.

Dwi Okta Rini, admin grup Wisata Kuliner Pringsewu (WKP) menyampaikan, siap membantu Pemerintah Kabupaten Pringsewu sesuai dengan pengalaman yang selama ini telah didapatkan, karena telah menjadi bukti nyata sudah banyak pengusaha di bidang kuliner yang berkembang. Tidak hanya mengelola WKP, Dwi juga sebagai pengelola wisata Nggruput

Pada rapat ini dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pringsewu John Drawadi SE MM, Kadis Koperindag Drs Masykur Hasan MM, Sekretaris Diskominfo Jahron SPd, Plt Kadisporapar Suchairi Sibarani SPd MIP, Plt Kadis Pertanian M Maryanto SPt, Plt Kadis Perikanan Ir I Made Subagiartha, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Ediyanto SKM, serta perwakilan Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan, juga perwakilan grup media sosial Pringsewu Community dan Wisata Kuliner Pringsewu Dwi Okta Rini.