Megan Rapinoe terkejut tuntutan kesetaraan gaji ditolak hakim

id megan rapinoe,timnas putri amerika serikat

Megan Rapinoe terkejut tuntutan kesetaraan gaji ditolak hakim

Pemain timnas putri Amerika Serikat Megan Rapinoe melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia Putri di Stade Auguste-Delaune, Reims, Prancis (24/6/2019) Reuters/Bernadett Szabo

Jakarta (ANTARA) - Kapten timnas putri Amerika Serikat Megan Rapinoe dan Alex Morgan terkejut setelah tuntutan soal kesetaraan gaji yang diajukan oleh tim mereka ditolak oleh hakim pengadilan.

Rapinoe dan Morgan, yang turut membantu AS meraih gelar keempat Piala Dunia tahun lalu, mengatakan jika mereka berencana mengajukan banding setelah hakim di California, pada Jumat, menolak klaim tim putri jika mereka digaji lebih rendah dari tim putra.

Perseteruan antara tim putri AS dengan U.S. Soccer, federasi sepak bola negara adidaya itu, telah telah lama mengemuka di publik dan para pemain menuntut ganti rugi sebesar 66 juta dolar AS di bawah payung hukum Undang Undang Kesetaraan Upah (Equal Pay Act).

"WNT (timnas putri) telah dibayar lebih baik secara kumulatif dan rata-rata setiap gimnya dari pada MNT (timnas putra)...." demikian rangkuman keputusan pengadilan.



Namun, Rapinoe, peraih Ballon d'Or tahun lalu, mempertanyakan logika dari rangkuman keputusan itu.

"Jika aku dibayar satu dolar setiap kali bermain dan laki-laki dibayar tiga dolar, hanya karena aku menang sepuluh laga dan dia hanya menang tiga pertandingan - jadi aku mengumpulkan 10 dolar dan dia sembilan dolar - Aku tak yakin bagaimana itu membuatku menghasilkan uang lebih banyak," kata Rapinoe seperti dikutip Reuters, Selasa.

Pengadilan mengizinkan pengaduan soal perlakuan medis, perjalanan dan latihan yang tidak adil diajukan ke sidang, yang dijadwalkan mulai pada 16 Juni nanti.



Sejumlah nama turut mendukung upaya timnas putri AS seperti mantan petenis no.1 dunia asal Amerika Serikat Billie Jean King dan kandidat presiden dari partai Demokrat Joe Biden.

"Jangan menyerah. Ini belum berakhir," cuit Biden kepada tim putri.

Kemudian ia juga menyebut federasi sepak bola AS dengan menulis,"Gaji setara, sekarang. Kalau tidak, ketika aku jadi presiden, kalian bisa pergi ke tempat lain mencari dana untuk Piala Dunia."



Sementara itu asosiasi pemain timnas putra Amerika Serikat USMNT menegaskan kembali dukungan mereka kepada para pesepak bola putri lewat pernyataan, Senin.

"Para pemain USMNT terus mendukung para pemain WNT dalam upaya mereka untuk memperjuangkan kesetaraan gaji.

"Selama satu setengah tahun para pemain USMNT telah membuat proposal kepada federasi yang bertujuan untuk meraih kesetaraan gaji bagi para pemain USMNT dan USWNT," demikian pernyataan asosiasi itu.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar