Di Maluku Utara sebanyak 94 orang positif COVID-19

id COVID-19

Di Maluku Utara sebanyak 94 orang positif COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyebutkan hasil tes cepat di kabupaten/kota di daerah itu pada Rabu ini terhadap 1.578 orang, 94 orang dinyatakan positif COVID-19.

"Dari 94 orang dinyatakan reaktif COVID-19 itu, untuk orang tanpa gejala (OTG) 37 orang, orang dalam pengawasan (ODP) 32 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) empat orang dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit mencapai 21 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Rabu.

Sementara dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap 1.578 itu, sebanyak 1.484 orang dengan hasil  non reaktif atau negatif. 

Di mana, dari 10 kabupaten/kota di Malut itu, kata dr Alwia, untuk hasil pemeriksan rapid test yang menunjukkan reaktif terbanyak di Kota Ternate 50 orang, Kota Tidore Kepulauan 19 orang, Halmahera Utara sembilan orang.

Selain itu Pulau Morotai lima orang, Halmahera Selatan tiga orang dan Halmahera Barat empat orang, Kepulauan Sula dua orang dan Halmahera Tengah satu orang, Kabupaten Pulau Taliabu tidak ada yang reaktif COVID-19.

Alwia menyatakan untuk OTG hingga kini tercatat sebanyak 485 orang atau terjadi peningkatan sebanyak 27 orang melalui hasil tracking kontak pasien terkonfirmasi positif COVID-19 seperti di Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Tidore Kepulauan dan Kota Ternate.

Selain itu, untuk ODP 205 orang masih dalam proses pemantuan dan ada penambahan dua orang secara kumulatif, tetapi di beberapa daerah ada penambahan yakni di Kabupaten Halmahera Barat, Kota Ternate, Kepulauan Sula dan Pulau Morotai

Begitu pula, untuk PDP tujuh orang terjadi penambahan dari Kabupaten Kepulauan Sula, karena satu pasien dari Kabupaten Halmahera Barat meninggal

"Saat ini, untuk pasien terkonfirmasi positif sebanyak 26 orang, tiga diantaranya dinyatakan sembuh. Selain itu, mereka yang dirawat ruang isolasi RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak 15 orang kasus terkonfirmasi positif COVID-19, satu positif COVID-19 asal Demak," katanya.

Begitu pula, mereka yang menjalani karantina di Sahid Hotel sebanyak delapan orang pasien terkonfonfirmasi positif COVID-19, OTG 31 orang, ODP 10 orang dan PDP satu orang.