Pelabuhan Bakauheni sementara waktu tidak seberangkan penumpang ke Merak

id Lampung Timur, Bakauheni, Pelabuhan Bakauheni Lampung, Lampung

Pelabuhan Bakauheni sementara waktu tidak seberangkan penumpang ke Merak

Polda Lampung pantau penyekatan kendaraan pribadi maupun bus yang hendak melintas ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. (Antaralampung.com/Istimewa)

Dengan begitu, artinya, penumpang tidak bisa menyeberang ke Merak
Lampung Timur (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyatakan sementara waktu Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung tidak menyeberangkan penumpang dalam kendaraan dan luar kendaraan menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Namun, pengecualian untuk kendaraan pengangkut logistik, obat-obatan dan peralatan medis, petugas terkait, pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah tetap akan dilayani penyeberangannya.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Syaifullahil Maslul Harahap saat dihubungi dari Lampung Timur, Rabu, menjelaskan bahwa penyetopan sementara pelayanan penyeberangan bagi penumpang itu, mengikuti arahan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Banten, Kementerian Perhubungan RI sebagai otoritas berwenang penyelenggara pelabuhan.

Penghentian pelayanan penyeberangan bagi penumpang oleh BPTD Wilayah Banten tersebut dalam rangka penanganan penyebaran Virus Corona atau COVID-19 sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 yang mengatur larangan penggunaan sarana transportasi laut untuk kegiatan mudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2020 yang berlaku untuk semua kapal penumpang mulai tanggal 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.

"BPTD Banten berkirim surat ke ASDP, menyarankan agar menonaktifkan sistem tiket online penumpang (ferizy) golongan I, II, III, IV, V, dan VI.  Pada Selasa (28/4) malam sudah kami laksanakan," ujarnya pula.

"Dengan begitu, artinya, penumpang tidak bisa menyeberang ke Merak," ujar dia lagi. 
Baca juga: Pelabuhan Bakauheni tetap melayani penyeberangan penumpang


Syaifullahil mengatakan belum mengetahui sampai kapan layanan ferizy bagi penumpang disetop. "Batas waktunya  tidak ditentukan," katanya pula.

Namun, Syaifullahil menegaskan bahwa Pelabuhan Bakauhenti tidak berhenti beroperasi. "Tidak ada penutupan pelayanan," katanya menegaskan lagi. 

Syaifullahil menambahkan, untuk kabar terkini situasi di Pelabuhan Bakauheni, lalu lintas penyeberangan kendaraan logistik terpantau lancar.

Petugas di pintu masuk pelabuhan pun tetap bersiap menghalau masyarakat yang tetap nekat mudik.
Baca juga: Polda Lampung lakukan penyekatan di Pelabuhan Bakauheni