Harga ayam potong di Bandarlampung berangsur normal, pembeli sepi

id Ayam potong, Lampung

Harga ayam potong di Bandarlampung berangsur normal, pembeli sepi

Stok ayam hidup milik pedagang ayam potong.(ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandarlampung berangsur normal, namun sedikit warga yang membelinya. 

"Harga ayam ras potong saat ini Rp37.000 hingga Rp38.000 per ekor dengan ukuran 1,5 kilogram, sudah kembali normal sebab kemarin sebelum puasa sempat turun hingga Rp30.000 per ekor," ujar salah seorang pedagang di Pasar Kota Karang, Susi, di Bandarlampung, Senin. 

Ia mengatakan, meski harga ayam ras potong sudah berangsur normal, daya beli konsumen terhadap ayam masih belum pulih seperti semula. 

"Pembeli masih sepi, sebab hari ini membawa sekitar 15 potong dengan ukuran 1 hingga 2 kilogram baru terjual 2 ekor, " katanya. 

Hal senada juga dikatakan oleh Tari, salah seorang pedagang lainnya. 

"Kemarin sebelum puasa sempat turun harga ayam potong per kilogram hanya berkisar Rp15.000, tetapi sekarang sudah normal menjadi Rp22.000 hingga Rp23.000 per kilogram, sedangkan hati ayam dijual Rp1.500 per potong," ujar Tari, salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Cimeng. 

Ia mengatakan, pasokan ayam milik pedagang normal, namun ada penurunan daya beli konsumen. 

"Kalau untuk stok ayam hidup cukup, tapi sepi pembeli bahkan sampai siang kadang ayam potong masih tersisa, tidak seperti bulan puasa di tahun sebelumnya yang ramai pembeli," ujarnya. 

Menurutnya, meski sepi pembeli dirinya bersyukur karena harga ayam di pasaran telah berangsur normal sehingga pedagang tidak merugi.