Polda Lampung pantau penyekatan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

id Polda Lampung, pelabuhan bakauheni, covid-19

Polda Lampung pantau penyekatan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

Polda Lampung pantau penyekatan kendaraan pribadi maupun bus yang hendak melintas ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. (Antaralampung.com/Istimewa)

Ada sebanyak 18 kendaraan menyadari dan juga melakukan balik arah tidak melakukan perjalanan mudik, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Polda Lampung memantau penyekatan terhadap kendaraan pribadi maupun bus yang hendak melintas ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.

"Kapolda Lampung langsung turun melakukan pemantauan koordinasi bersama ASDP, Dinas Perhubungan, Gapasdap Lampung Selatan, Basarnas, BPBD, dan pihak BPTJ pengelola jalan tol," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Senin.

Dia menjelaskan Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang dengan kesadarannya sendiri untuk balik arah dengan penjelasan kepolisian yang persuasif.

"Ada sebanyak 18 kendaraan menyadari dan juga melakukan balik arah tidak melakukan perjalanan mudik," kata dia.

Baca juga: Ditlantas Polda Lampung jalankan SOP pelarangan mudik

Baca juga: Bandarlampung perketat penjagaan di enam pintu masuk


Dia menambahkan dalam pemantauan itu, TNI-Polri turut memberikan sosialisasi secara humanis kepada masyarakat maupun pengendara yang masih melintas. Ada beberapa yang dikecualikan seperti petugas keamanan, logistik, dan kemungkinan nantinya ada Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Untuk TKI akan dibantu pulang dengan catatan setelah terdaftar dan ketika sampai di rumah langsung berstatus ODP sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dengan adanya ini, kami berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan sosial distancing, gunakan masker, cuci tangan, dan hindari pertemuan," kata dia.