Lampung Barat bantu jaga kelancaran pasokan cabai

id Lampung, panen cabei, pertanian, mentri pertanian

Lampung Barat bantu jaga kelancaran pasokan cabai

Panen cabai merah ( ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc

Bandarlampung (ANTARA) - Para petani dari Kelompok Maju Jaya di Desa Sekincau, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, masuki panen cabai merah keriting sehingga ketersediaan  komoditas itu cukup melimpah.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi mengatakan, bila kebutuhan pangan terpenuhi maka imunitas tubuh masyarakat akan terjaga sehingga mampu melawan Covid-19.

"Dengan kata lain, pangan adalah agen yang melawan COVID-19 dengan efektif," katanya.

Areal pertanian di Desa Sekincau merupakan salah satu sentra komoditas cabai merah keriting di daerah itu. Para petani yang mengelola dua hektare tanaman cabai keriting itu didampingi penyuluh pertanian setempat tetap giat bertani di tengah kekhawatiran pandemi COVID-19.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan, pasokan cabai merah keriting hasil panen itu akan menambah ketersediaan di Lampung Barat, khususnya di Pasar Sekincau dan sekitarnya.

Dengan begitu, ia berharap kebutuhan bahan pangan masyarakat dapat terpenuhi.

Kepala Dinas TPHP Kabupten Lampung Barat, Yedi Ruhyadi, juga mengapresiasi atas kinerja penyuluh pertanian yang tetap aktif berkegiatan meskipun saat wabah demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Di sinilah peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang gencar dalam penyediaan stok pangan di tengah pandemi Covid-19. Para penyuluh Kostratani tetap menjadi ujung tombak pemerintah dalam pendampingan petani melalui penyuluhan," kata Yedi.

Koordinator Penyuluh Kecamatan Sekincau, Al Munir, menyebutkan, pihaknya tetap bekerja mendampingi petani seperti biasa untuk menjaga keberlangsungan produksi tetap terjamin meski dibayangi kekhawatiran Covid-19.