Puluhan WNA positif COVID-19 berdasarkan "rapid test"

id jemaah tablig masjid al muttaqien, sunter, positif, rapid test, covid-19

Puluhan WNA positif  COVID-19 berdasarkan "rapid test"

Tim dokter memeriksa awal pasien terkait wabah corona atau COVID-19 di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). (ANTARA/HO/Tim Kesehatan Kogasgabdap Wisma Atlet)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 31 jemaah tablig warga negara asing (WNA) di Masjid Al Muttaqien Sunter Utara, Tanjung Priok Jakarta Utara menunjukkan hasil positif dari "rapid test" atau tes cepat antibodi COVID-19.

"Saat ini ada total 31 jemaah, pemeriksaan pertama ada 2 orang, kedua 24, dan ketiga ada 5 orang," kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko di Jakarta, Rabu.

Hasil tersebut didapatkan dari rapid test pada ratusan jamaah jemaah tablig warga negara asing (WNA) yang bermalam di Masjid Al Muttaqien.

Namun data jemaah yang mengikuti tablig tersebut belum dapat dipastikan. Seluruh jemaah yang menunjukkan hasil tes positif diantar ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Kemudian jemaah masjid yang menunjukkan hasil negatif, mengisolasi dirinya di dalam masjid sampai menunggu waktu kepulangan tiba.

"Tim Suku Dinas Kesehatan Jakut secara intens juga memonitor kesehatan kepada para jemaah," ujar Sigit.

Masjid Al Muttaqien menjadi kawasan transit bagi jemaah tablig dari berbagai negara, seperti India, Pakistan, Thailand, Bangladesh. dan lain-lain.

Dari masjid itu, mereka menyebar ke beberapa wilayah Indonesia untuk belajar agama Islam dan sebagainya.