Walhi ajak masyarakat jaga lingkungan selama pandemi COVID-19

id Corona, hari bumi

Walhi ajak masyarakat jaga lingkungan selama pandemi COVID-19

Walhi Lampung mengajak masyarakat memperingati Hari Bumi dengan mengubah gaya hidup di tengah pandemi, (ANTARA/HO tangkap layar internet)

Bandar Lampung (ANTARA) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dalam rangka memperingati Hari Bumi mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup ramah lingkungan selama masa pandemi COVID-19. 

"Di tengah situasi pandemi COVID-19 mari kita menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sebagai bentuk peduli akan lingkungan dan bumi," ujar Direktur Eksekutif Walhi Lampung Irfan Tri Musri, saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu. 

Ia mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 masyarakat banyak melaksanakan kegiatan di dalam rumah sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi polusi udara. 

"Saat ini indeks kualitas udara Bandarlampung membaik di tengah pandemi COVID-19, dan menurut penelitian pun lapisan ozon bertambah tebal karena sebagian masyarakat bekerja di rumah, aktivitas industri dan penggunaan kendaraan yang mulai berkurang," katanya. 

Menurutnya, masyarakat dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk membantu pulihnya bumi. 

"Dalam rangka peduli terhadap bumi kita bisa melakukan beberapa hal selama di rumah seperti menggunakan material non plastik saat berbelanja dan kegiatan keseharian, lalu dapat konsisten menggunakan masker yang bisa digunakan berkali kali jangan yang sekali pakai,"katanya. 

Ia mengatakan, bila masyarakat bisa secara konsisten melakukan aksi sederhana tersebut, akan membantu bumi untuk kembali pulih. 

"Mari kita melakukan hal sederhana tersebut dengan kepedulian masyarakat akan membantu bumi kembali pulih," ucapnya.