Sambut Kartini dengan saling menguatkan dan gotong royong di tengah pandemi

id COVID-19,Wuhan

Sambut Kartini dengan saling menguatkan dan gotong royong di tengah pandemi

Ketua Majelis Taklim Rachmat Hidayat (MTRH) Eva Dwiana, Senin. (20/4/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Majelis Taklim Rachmat Hidayat Eva Dwiana mengajak semua perempuan untuk saling menguatkan dan gotong royong antar satu sama lain di tengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

"Tentunya hari Kartini besok akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita sedang dirundung musibah maka perempuan harus bisa jadi penerang dalam kondisi seperti ini," kata Eva Dwiana yang juga Istri Wali Kota Bandarlampung Herman HN,di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan oleh para srikandi di saat pandemi seperti ini bisa dari yang terkecil dengan mengingatkan keluarga untuk terus menjaga pola hidup sehat dan bersih (PHBS) serta menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terpapar virus ini.

"Kita pun bisa terus berperan menjadi Kartini di tengah wabah corona dengan terus mengingatkan keluarga kita dan menghimbau masyarakat di lingkungan kita untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah agar dapat menangkal COVID-19," jelasnya.

Selain itu, untuk menguatkan satu sama lain di tengah pandemi perempuan-perempuan bisa menjadi pelopor untuk memerangi virus corona.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan di hari Kartini yang biasanya seperti lomba memasak dan sebagainya dapat digantikan dengan mengumpulkan donasi yang kemudian diberikan kepada mereka yang terdampak oleh pandemi ini.

"Bisa juga kita melakukan kegiatan membagikan masker dan cairan pembersih tangan kepada warga sebagai bentuk solidaritas di tengah pandemi," jelasnya.

Ketua TP PKK Kota Bandarlampung itu mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan guna mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19, seperti melakukan pemahaman kepada masyarakat cara penularan corona dan cara mengantisipasinya.

"Kita juga telah melakukan kegiatan pembagian masker dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi dan memberikan vitamin dan alat pelindung diri (APD) kepada petugas medis yang bertugas menangani virus ini," kata dia.

Ia pun berharap dengan saling menguatkan dan meningkatkan kepedulian kepada sesama pada hari Kartini Indonesia dapat mengatasi pandemi ini dan wabah COVID-19 ini cepat berakhir.