Kreativitas dunia fesyen di balik Corona, sangat berat bertahan

id batik corona,tren fesyen, fashion corona,achmad yurianto,purana,nonita respati,sonya morina,fesyen corona

Kreativitas dunia fesyen di balik Corona, sangat berat bertahan

Pendamping KSM Harapan Mulia Desa Resapombo, Rita Sukirni Panca Rianik (kiri) memperlihatkan batik corona karya disabilitas (ANTARA/HO)

Saya merenungkan kok wabah corona ini merebak di mana-mana bahkan mendunia. Dari sini saya angkat sebagai inspirasi batik ciprat
Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus corona baru (COVID-19) juga menyerang dunia fesyen.

South China Morning Post pada Senin (13/4) menulis upaya mempertahankan bisnis fesyen di tengah pandemi virus corona sangatlah berat.

Menurut laporan yang dirilis oleh McKinsey bekerja sama dengan majalah Business of Fashion, industri fesyen dunia akan mengalami penurunan penjualan sebesar 27-30 persen.
Baca juga: Virus corona berdampak pada industri fesyen global


Penjualan barang-barang mewah akan mengalami penurunan lebih besar lagi yakni berkisar 35-39 persen atau turun sekitar 650 miliar dolar AS dibanding tahun 2019.

Pakar mode Mario Ortelli mengatakan virus corona memiliki dampak yang menghancurkan sejauh ini.

Nyatanya, beberapa label fesyen besar seperti Burberry, Prada dan Michael Kors sudah melaporkan penurunan penjualan di masa pandemi. Sementara label-label indie kesulitan untuk mempertahankan bisnisnya.

Danielle Bailey, seorang analis dari L2 Gartner mengatakan beberapa label kemungkinan akan bisa melewati krisis. Label-label kecil akan gulung tikar jika mereka tidak memiliki cadangan finansial yang cukup.

Ortelli yakin bahwa label fesyen yang telah memiliki nama besar seperti Hermes akan bertahan lebih baik dibanding label yang hanya mengandalkan mode fashion semata karena konsumen akan lebih mungkin menginvestasikan uang mereka pada produk yang sudah jelas berkualitas.

Sumber inspirasi

Meski corona bagaikan meteor yang menghantam dunia fesyen di butik-butik mewah sepanjang Fifth Avenue, New York di Amerika Serikat, namun bagi para perajin disabilitas yang tergabung di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Harapan Mulia Desa Resapombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, Jawa Timur, virus corona justru menjadi sumber inspirasi.

Pendamping KSM Harapan Mulia Desa Resapombo, Rita Sukirni Panca Rianik kepada ANTARA pada Senin menuturkan bahwa dia mendapatkan inspirasi membuat batik dengan teknik ciprat motif corona setelah merenungkan wabah yang saat ini terjadi.

"Saya merenungkan kok wabah corona ini merebak di mana-mana bahkan mendunia. Dari sini saya angkat sebagai inspirasi batik ciprat," kata Rita.
KSM Harapan Mulia Desa Resapombo membuat batik corona. (ANTARA/HO)



Rita merasa miris meski wabah sudah sampai ke pelosok-pelosok namun para penyandang disabilitas belum teredukasi sepenuhnya soal bahaya dan penyebaran virus corona.

"Ini juga jadi edukasi kepada mereka dan masyarakat pada umumnya bahwa bentuk dan model virus corona tersebut seperti yang kita gambar di batik," kata dia.

Selain itu, gambar batik yang dibuat jarang-jarang pada kain memiliki pesan bahwa untuk mencegah penyebaran virus warga harus menjaga jarak (physical distancing).

Ada 27 perajin batik ciprat corona yang terdiri dari para penyandang disabilitas tuna grahita di bawah naungan KSM Harapan Mulia. Namun untuk mencegah wabah virus corona, sementara yang masuk beraktivitas hanya beberapa orang saja.

"Tapi karena harus physical distancing jadi yang aktif hanya beberapa orang saja sesuai pesanan yang ada," kata Rita.

Dalam sehari, KSM Harapan Mulia bisa memproduksi tiga sampai empat lembar batik COVID-19 yang dipasarkan ke berbagai kota di Indonesia.

"Sudah terjual ke Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Blitar sendiri. Harganya Rp150.000 sampai Rp200.000," kata Rita yang mengatakan batik bisa dipesan secara online atau lewat nomor WhatsApp.



 
Tren

Corona di ranah fesyen mengilhami sejumlah brand papan atas membuat masker mewah harga selangit.

Tala Alamuddin, adik ipar George Clooney menjual masker wajah non-medis dan dompet wadah hand sanitizer mewah, masing-masing seharga 33 dolar AS atau nyaris Rp500 ribuan, inden alias menunggu produksi.

Barang-barang itu dijual di situs fesyen miliknya. Masker wajah tak berfaedah secara medis itu disebut “Le Masque”.

Hadir dalam berbagai warna dan motif mulai dari motif macan tutul sampai biru denim. Sedikit uang dari hasil penjualan masker akan disumbangkan ke palang merah di Singapura untuk membantu mereka yang terkena virus corona.



Memakai barang branded di tengah pandemi nyatanya memang jadi tren fesyen. Masker-masker berlogo X keluaran Off-White, misalnya, dijual di platform jualan StockX dengan harga fantastis sampai 340 dolar AS (sekira Rp5,2 juta).

Di Tanah Air, warganet heboh saat juru bicara penanganan virus corona (COVID-19), Achmad Yurianto tampil di televisi menyampaikan perkembangan penanganan COVID-19 di Kantor BNPB, Jakarta mengenakan masker wajah berbagai motif batik.

Yuri, sapaan akrabnya juga menjadi pemberitaan saat mengenakan baju batik dengan motif mirip virus corona. Meski banyak yang mengira itu adalah batik bermotif virus corona, nyatanya itu adalah baju koleksi lama sang dokter militer tersebut.

"Ini baju setahun yang lalu saat peringatan hari AIDS sedunia," kata Yuri kepada ANTARA di Jakarta pada Minggu.

Yuri memang terlihat mengenakan batik bermotif bulat-bulat serupa virus dengan pita berwarna merah putih yang melengkung terjalin mirip pita simbol HIV AIDS.

Pendiri label batik Purana, Nonita Respati mengatakan bahwa motif-motif pada batik klasik memiliki makna filosofis termasuk doa dan harapan dari sang empunya batik itu sendiri.

"Dalam motif batik klasik setiap motifnya dari Parang, Kawung, Sekar Jagad, Truntum misalnya, selain filosofis, ia juga seremonial (memiliki guna digunakan untuk sebuah acara atau upacara)," kata Nonita.



Wanita lulusan Fakultas Hubungan Internasional, Universitas Parahyangan, Bandung itu mengatakan bahwa para pencinta batik yang paham akan mengenakan batik dengan motif tertentu yang sesuai dengan dengan tujuan seremoni.

Senada dengan Nonita, desainer Sonya Morina mengatakan motif batik memiliki makna filosofis di baliknya.

"Ada makna yang tersirat dalam setiap gambar, karena motif-motif batik tidak akan lepas dari pandangan hidup setiap pembuatannya, pemberian nama pun berkaitan dengan suatu harapan kehidupan pastinya," kata Sonya.
  Nasib industri fesyen

Paco Underhill, pendiri perusahaan konsultan Envirosell dan penulis "Why we Buy: The Science of Shopping" memprediksi dunia fesyen setelah pandemi virus corona akan terlihat sangat berbeda.

Menurutnya, sebagai langkah awal label fesyen harus memastikan kepada konsumen bahwa mereka mengutamakan kebersihan sebagai prioritas utama.

Label fesyen juga harus bekerja keras untuk menarik kembali pelanggan yang telah melihat portofolio saham mereka tenggelam.

Marketing juga harus berada pada jalur yang sama.

"Berinvestasilah pada periklanan digital, bukan cetak, dan berhati-hatilah dengan komunikasi: ketika orang berada dalam bahaya, mereka tidak ingin mendengar tentang fesyen, jadi berikan sumbangan amal atau temukan cara untuk memperbaiki situasi," kata Ortelli.

Ketika pandemi ini berakhir, Ortelli menyarankan label menggencarkan public relation dan pemasaran. Namun, dirinya juga mengingatkan untuk melakukan hal tersebut dengan tidak berlebihan.