Pemerintah Indonesia siapkan protokol evakuasi medis bagi WNA ingin pulang

id protokol evakuasi medis,wna,covid 19,virus corona,wna corona

Pemerintah Indonesia siapkan protokol evakuasi medis bagi WNA ingin pulang

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan keterangan pers mengenai perkembangan penanganan wabah COVID-19 melalui konferensi video di Jakarta, Jumat (17/4/2020). (HO-Kemlu RI)

Karena sebelumnya banyak perwakilan asing yang menanyakan protokol evakuasi medis bagi WNA dari Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan protokol evakuasi medis bagi warga negara asing (WNA) yang ingin kembali ke negara asalnya terkait penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Karena sebelumnya banyak perwakilan asing yang menanyakan protokol evakuasi medis bagi WNA dari Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual di Jakarta, Jumat.

Sebagai tuan rumah, kata Menlu, Indonesia akan terus memfasilitasi keperluan WNA yang terkait dengan COVID-19, termasuk menyiapkan protokol evakuasi medis oleh Kementerian Kesehatan RI dan rumah sakit rujukan.

“RS Pertamina Pusat yang disiagakan jika ada keluarga korps diplomatik (asing) yang membutuhkan layanan kesehatan,” kata Retno.
Baca juga: WNA positif COVID-19 meninggal dunia di Bali

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar bersama pejabat dari kementerian dan lembaga terkait telah dua kali melakukan konferensi video dengan perwakilan pemerintah asing dan organisasi internasional di Jakarta guna menyampaikan perkembangan penanganan wabah COVID-19 di Indonesia.

Hingga 17 April 2020, Indonesia mencatat 5.923 kasus positif COVID-19 dengan 520 korban jiwa.

Baca juga: Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam sarankan 10 WNA pulang untuk antisipasi COVID-19