Casillas diprediksi bakal terpilih jadi bos sepak bola Spanyol

id Liga Spanyol,Iker Casillas,rfef

Casillas diprediksi bakal terpilih jadi bos sepak bola Spanyol

Pesepak bola Spanyol Iker Casillas saat pengundian Euro 2020 di Bucharest pada 30 November 2019. (AFP/FABRICE COFFRINI)

Jakarta (ANTARA) - Iker Casillas akan terpilih sebagai presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol seandainya pemilihan digelar pekan ini, lapor media Spanyol Cadena Cope dalam laman football-espana.

Cadena Cope menyebutkan, penjaga gawang Porto itu saat ini diproyeksikan bisa mengalahkan calon petahana Luis Rubiales dengan perbandingan suara 80 melawan 59.



Casillas di ambang menutup karirnya yang gemerlap prestasi namun akan tetap bersama sepak bola.

Dalam sebuah survei yang kemudian dikutip Cadena Ser, penggemar sepak bola rata-rata mendukung Casillas sampai angka dukungan 90 persen untuk mantan penjaga gawang Real Madrid itu.

Tujuh federasi sepak bola daerah kabarnya sudah menjanjikan dukungan kepada Casillas. Ketujuhnya adalah Madrid, Castilla y Leon, Castilla la Mancha, Galicia, Basque Country, Catalonia, dan Andalusia.



Pada Mei tahun lalu, pesepak bola berusia 38 tahun itu sakit selagi berlatih bersama Porto untuk kemudian dilarikan ke rumah sakit di mana dia menjalani operasi darurat.

Lima hari kemudian Casillas meninggalkan rumah sakit itu tapi kemungkinan besar tak akan lagi bergabung dengan tim inti Porto dan sekalipun kerap berlatih bersama timnya dia sudah tak lagi diturukan dalam satu pun pertandingan.

Casillas adalah salah satu dari pemain yang paling banyak mendapatkan penghargaan dalam sejarah Spanyol dengan sudah memainkan 700 pertandingan bersama Madrid sebelum bergabung dengan Porto pada 2015.

Dia tiga kali mempersembahkan gelar juara Liga Champions kepada Madrid, dua kali juara Piala Eropa kepada Spanyol dan sekali Piala Dunia pada cap ke-167-nya bersama La Roja.