Sudan terapkan karantina wilayah meski hanya temukan 10 kasus baru corona

id Sudan,karantina wilayah,virus corona,pandemi COVID-19,kasus corona Sudan,karantina corona Sudan

Sudan terapkan karantina wilayah meski hanya temukan 10 kasus baru corona

Warga melintas di atas mural jalanan tentang virus Corona yang dibuat sebagai usaha meningkatkan kesadaran tentang pentingnya untuk tetap tinggal di rumah saja selama masa 21 hari karantina nasional (lockdown) untuk memperlambat penyebaran COVID-19 di Chennai, India, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/P Ravikumar/wsj.

Khartoum (ANTARA) - Sudan akan menerapkan karantina wilayah di Ibu Kota Khartoum selama tiga pekan setelah 10 kasus baru virus corona terdeteksi pada Senin, kata menteri informasi SUdan Faisal Saleh.

Karantina wilayah di kota terpadat Sudan tersebut akan mulai berlaku pada Sabtu, kata Faisal Saleh kepada Reuters. Hingga kini di Sudan tercatat 29 kasus positif virus corona baru dengan empat kematian, menurut pernyataan Kementerian Kesehatan.

Sudan sejauh ini telah melakukan sejumlah langkah pencegahan penyebaran virus corona, seperti memberlakukan jam malam nasional, menutup bandara serta menghentikan semua perjalanan bus antarkota.

Pada Sabtu, menteri kesehatan Sudan mengatakan kepada Reuters bahwa otoritas saat ini membutuhkan 120 juta dolar AS untuk upaya melawan virus corona, yang menyebabkan penyakit pernapasan COVID-19. Menurut Menkes Sudan, kapasitas tempat tidur di rumah sakit yang dilengkapi dengan ventilator saat ini hanya berkisar "ratusan".

Menurut para analis, sistem kesehatan Sudan terabaikan selama 30 tahun masa pemerintahan Presiden Omar al-Bashir, yang telah digulingkan tahun lalu.

Sumber: Reuters