ITERA resmi buka Prodi Sains Data

id ITERA,Wuhan

ITERA resmi buka Prodi Sains Data

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, saat dimintai keterangan, Jumat. (10/4/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) secara resmi membuka Program Studi (Prodi) Sains Data yang ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 426/M/2020 tanggal 08 April 2020.

"Prodi Sains Data ITERA, menjadi yang pertama di Pulau Sumatera dan  langsung menerima mahasiswa angkatan pertama melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri ITERA tahun 2020," kata Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat.

Dia menyampaikan, pembukaan Prodi Sains Data merupakan respons ITERA terhadap perkembangan keilmuan dan kebutuhan tenaga ahli yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. 

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 yang serba memanfaatkan kecanggihan teknologi digital berbasis data, beberapa bidang profesi pun berubah bahkan memungkinkan beberapa profesi tergerus.

"Dengan dibukanya Prodi Sains Data ini, ITERA akan menjadi salah satu kampus yang menyiapkan para data ilmiah yang dibutuhkan di Indonesia, khususnya Sumatera,” ujarnya.

Menurut dia, kebutuhan yang besar terhadap ahli data di Indonesia belum diimbangi oleh ketersediaan sumber daya manusia (SDM)-nya sehingga dengan dibukanya prodi ini, ITERA berupaya menjawab permasalahan tersebut.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar