AS mulai uji keamanan calon vaksin kedua COVID-19

id Calon vaksin COVID-19,AS,uji keamanan

AS mulai uji keamanan calon vaksin kedua COVID-19

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. ANTARA/Shutterstock/am.

Washington (ANTARA) - Perusahaan kedua Amerika Serikat siap melakukan uji keamanan vaksin melawan virus corona pada Senin.

Inovio Pharmaceuticals pada Senin mengatakan bahwa Badan Obat-obatan dan Makanan AS (FDA) telah menerima pengajuan Investigational New Drug (IND) dari perusahaan tersebut atas INO-4800, calon vaksin DNA yang dibuat untuk mencegah infeksi COVID-19, membuka jalan untuk uji klinis Tahap 1 terhadap sukarelawan sehat yang dimulai pekan ini.

Baca juga: AS masuki pekan tersedih selama krisis virus corona

Studi Tahap 1 akan mendaftarkan 40 sukarelawan dewasa sehat di Philadelphia dan Kota Kansas, di mana penyaringan kandidat partisipan sudah berjalan, kata perusahaan.

Dosis pertama direncanakan pada Senin. Setiap partisipan akan menerima dua dosis INO-4800  selama empat pekan secara terpisah, dan respons kekebalan awal dan data keamanan dari studi ini diperkirakan pada akhir musim panas.

Baca juga: Trump: Minggu depan akan banyak meninggal di AS

Uji praklinis tambahan, termasuk studi tantangan, akan berlanjut secara bersamaan dengan uji klinis Tahap 1, menurut perusahaan.

Studi tersebut merupakan langkah awal untuk melihat apakah vaksin itu cukup aman untuk uji yang lebih besar, yang diperlukan untuk membuktikan apakah itu akan melindungi. Bahkan jika penelitian itu sukses, maka diperkirakan akan menghabiskan setahun sebelum vaksin apa pun tersedia secara luas.

Uji keamanan pertama pada orang dari calon vaksin berbeda, yang dikembangkan oleh National Institutes of Health (NIH) AS dan perusahaan bioteknologi Moderna Inc, dimulai di Seattle bulan lalu.

Sejumlah kelompok penelitian di seluruh dunia sedang berusaha membuat vaksin melawan COVID-19 dengan menggunakan metode berbeda, dengan harapan setidaknya ada satu vaksin yang akan memberikan perlindungan.

Sumber: Xinhua
Baca juga: Korban tewas melejit, AS berpacu bangun RS darurat
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar