Presiden pastikan Pemda telah realokasi APBD

id Presiden Jokowi,covid-19,realokasi anggaran,penanganan corona,virus corona,corona,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Presiden pastikan Pemda telah realokasi APBD

Presiden Joko Widodo dalam Joko Widododari Istana Kepresidenan, Bogor, Kamis (2/4/2020). ANTARA/Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden/pri.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memastikan Pemerintah Daerah telah merealokasi dan merefocusing anggaran dalam APBD agar bantuan sosial untuk masyarakat bisa segera dicairkan.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui video conference dengan topik Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 dari Istana Kepresidenan di Bogor, Senin, mengatakan ia mendata pemda yang telah melakukan realokasi dan refocusing anggaran.

“Saya minta diupdate berapa persen provinsi, kabupaten/kota yang melakukan realokasi dan refocusing anggaran di APBD,” kata Presiden.

Menurut Kepala Negara, hal itu sangat penting dalam kondisi wabah COVID-19 saat ini sehingga tak boleh ada langkah yang terlambat.

“Ini penting sekali jangan sampai kita terlambat terutama yang berkaitan dengan jaring pengaman sosial agar segera dinikmati masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Ia juga mengatakan bahwa sekarang ini sudah 207 negara yang terdampak COVID-19 dengan 10 negara dengan kasus tertinggi meliputi Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Jerman, China, Prancis, Iran, Inggris, Turki, dan Swiss.

“Biar kita semua memiliki gambaran penyakit ini bukan hanya di Indonesia tapi di 207 negara,” kata Kepala Negara.

Ia juga meminta agar penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat.

“Karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker, karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit, yang sehat enggak tapi sekarang enggak semua yang keluar rumah harus pakai masker,” katanya.