Ketua KONI Lampung setuju PON Papua diundur

id koni lampung, pon papua diundur, yusuf barusman

Ketua KONI Lampung setuju PON Papua diundur

Ketua Umum Komita Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, M. Yusuf Sulfarano. (Antara Lampung/HO)

Kini seluruh atlet berlatih mandiri di rumah masing-masing diawasi pelatih dan dilakukan monitoring oleh tim Satgas KONI Lampung, tambahnya 
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, M. Yusuf Sulfarano Barusman menyatakan dukungannya apabila Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua diundur, menyusul pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Secara pribadi saya sependapat jika PON diundur dengan pertimbangan untuk kepentingan yang lebih besar, serta dalam keprihatinan kita atas situasi bencana dunia wabah virus corona ini," kata Yusuf via WhatsApp, Jumat.

Yusuf Sulfarano Barusman (YSB) menegaskan sebenarnya semua pihak juga sudah harus melihat realitanya. Bahwa Indonesia bahkan dunia sekarang sedang dilanda wabah yang sangat mematikan. 

Baca juga: Pemkot Metro siapkan Rp29 miliar untuk penanganan COVID-19

"COVID-19, bukan sembarang virus yang ancamannya sangat tidak kelihatan. Pandemi corona ini mencemaskan. Hubungannya dengan olahraga tentu sangat besar risikonya, karena banyak cabang olahraga yang bersentuhan dan tanpa jarak sama sekali. Sangat berisiko," katanya.

Namun demikian,  lanjut Yusuf, Pemerintah Indonesia sedang melakukan pekerjaan besar saat ini semua tertuju pada pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19, dan jika masyarakat bisa mematuhinya, maka bukan tidak mungkin penyebarannya bisa dikendalikan dan cepat selesai.

"Tetapi secara organisasi, tentu kami patuh dengan keputusan KONI Pusat sebagai pemegang hak untuk memutuskan ditunda atau tidaknya PON 2020. Kami tetap melakukan persiapan sebisanya, dan itu sudah ditangani oleh tim Satgas. Jika skenarionya berubah bagaimanapun, kami akan tetap menyesuaikan,” jelas Yusuf.

Baca juga: Lampung tidak karantina wilayah, fokus pencegahan

Yusuf mengatakan hingga saat ini keputusan yang disepakati bersama KONI Lampung adalah mengembalikan para atletnya ke rumah masing-masing setelah sebelumnya sudah diadakan pemusatan latihan.

"Kini seluruh atlet berlatih mandiri di rumah masing-masing diawasi pelatih dan dilakukan monitoring oleh tim Satgas KONI Lampung," tambahnya.