Cegah COVID-19 di transportasi umum, Dishub minta warga terapkan protokol kesehatan

id Corona, transportasi umum

Cegah COVID-19 di transportasi umum, Dishub minta warga terapkan protokol kesehatan

Ilustrasi pengecekan suhu oleh petugas kesehatan (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Lampung menghimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan saat berada di transportasi umum, guna mencegah persebaran COVID-19. 

"Saat ini kami telah melakukan upaya untuk mencegah persebaran COVID-19 melalui transportasi umum salah satunya dengan penyemprotan desinfektan di kendaraan, dan diharapkan warga dapat melaksanakan protokol kesehatan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, saat dihubungi, di Bandarlampung, Selasa. 

Ia menjelaskan, upaya pencegahan COVID-19 melalui transportasi umum, telah dilakukan dengan menyediakan hand sanitizer, wastafel, serta pengecekan suhu dan riwayat perjalanan oleh petugas. 

"Kami telah mensosialisasikan langkah pencegahan COVID-19, menyedikan hand sanitizer, dan menyediakan petugas untuk melakukan pengecekan, namun penting bagi masyarakat untuk secara mandiri menerapkan anjuran pemerintah mengenai menjaga jarak fisik bila berada di transportasi umum, " katanya. 

Selain menerapkan protokol kesehatan di transportasi umum, Dinas Perhubungan juga melakukan pengetatan pengawasan kepada masyarakat yang masuk ke Provinsi Lampung melalui simpul-simpul kedatangan. 

"Kami saat ini tengah melakukan pengetatan pengawasan kepada masyarakat umum yang memiliki riwayat perjalanan dari luar kota, di sejumlah simpul kedatangan bekerja sama dengan petugas yang ada di bandara, terminal, dan pelabuhan," ujarnya. 

Menurutnya, pengetatan pengawasan dilakukan dengan mencatat data lengkap masyarakat yang memiliki riwayat perjalanan dari luar kota, dan melakukan langkah pencegahan sesuai protokol kesehatan. 

"Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, untuk melakukan pendataan setiap masyarakat yang datang melalui pintu kedatangan yang nantinya akan dilakukan pemantauan kesehatan hingga waktu yang ditentukan oleh petugas, " ujarnya. 


 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar