Kasus positif covid-19 bertambah jadi sembilan di Papua

id warga papua,positif COVID-19,bertambah,Dinkes Papua,warga Timika

Kasus positif covid-19 bertambah jadi sembilan di Papua

Data perkembangan penanganan COVID-19 di Provinsi Papua. (FOTO ANTARA/HO-Dinkes Papua)

Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyatakan bahwa jumlah warga yang positif terinfeksi COVID-19 bertambah menjadi sembilan orang dari sebelumnya tujuh orang.
 
"Penambahan dua pasien positif COVID-19 itu berasal dari Timika dan keduanya berjenis kelamin perempuan, " kata Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr  Silvanus Sumule di Jayapura, Minggu malam.

Dikatakannya bahwa kesembilan pasien positif COVID-19 itu tersebar di tiga kota, yakni Jayapura lima kasus, Timika dan Merauke masing-masing dua kasus.

Menurut Sumule  yang juga menjabat jubir Satgas Pencegahan COVID-19 Papua menjelaskan untuk kasus di Merauke yang bersangkutan setelah dinyatakan positif COVID-19 kemudian diisolasi.

"Saat ini yang bersangkutan masih dirawat akibat sakit yang dideritanya," kata Sumule seraya menambahkan dari keterangan dokter yang menanganinya kondisi sembilan pasien positif COVID-19 relatif stabil.

"Mereka mengalami sakit ringan hingga sedang dan dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Timika, Merauke dan Jayapura," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ni jumlah pasien dalam pengawasan (PDP)  sebanyak 43 orang dan yang masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 5.569 orang.

Dengan meningkatnya jumlah ODP itu diharapkan masyarakat lebih mematuhi imbauan pemerintah yang meminta membatasi diri dalam beraktivitas, yakni bila tidak penting tidak ke luar rumah guna mencegah penyebaran virus mematikan itu, demikian Silvanus Sumule.