Inggris gunakan truk pemadam kebakaran untuk angkut jenazah wabah corona

id Inggris,Corona,COVID-19,Pemadam Kebakaran

Inggris gunakan truk pemadam kebakaran untuk angkut jenazah wabah corona

Perdana Menteri UK Boris Johnson . (REUTERS/HANNAH MCKAY)

London (ANTARA) - Inggris akan menggunakan petugas pemadam kebakaran untuk membantu mengantarkan makanan, mengambil jenazah dan mengoperasikan ambulans saat bersiap untuk menyambut puncak wabah corona yang telah merenggut nyawa lebih dari 22.000 orang di seluruh dunia.

Inggris awalnya mengambil pendekatan yang sangat sederhana terhadap krisis kesehatan terburuk sejak epidemi influenza 1918 tetapi kemudian mengubah taktik untuk menerapkan kontrol ketat setelah proyeksi menunjukkan seperempat juta orang Inggris bisa menjadi korban.

Perdana Menteri Boris Johnson telah memerintahkan penguncian virtual ekonomi terbesar kelima di dunia itu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dan melarang warga Inggris meninggalkan rumah mereka untuk semua alasan yang tidak penting.

Sejauh ini, 578 orang di Inggris telah meninggal setelah dites positif untuk virus corona dan jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi 11.658. Korban meninggal di Inggris adalah yang terburuk ketujuh di dunia, setelah Italia, Spanyol, China, Iran, Prancis dan Amerika Serikat, menurut penghitungan Reuters.

Baca juga: Virus Corona membuat Inggris tidak berdaya

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai antara Serikat Pemadam Kebakaran (FBU), Kepala Pemadam Kebakaran dan Operator Pemadam Kebakaran, petugas pemadam kebakaran akan terus menangani keadaan darurat mereka yang biasa tetapi sekarang juga akan melakukan tugas-tugas baru.

"Kami menghadapi krisis kesehatan masyarakat tak tertandingi dalam kehidupan kami. Wabah corona sekarang menjadi darurat kemanusiaan dan petugas pemadam kebakaran ingin membantu masyarakat mereka," kata Matt Wrack, sekretaris jenderal FBU.

"Banyak yang takut korban meninggal dalam wabah ini bisa sangat tinggi dan petugas pemadam kebakaran, yang sering menangani situasi dan insiden yang mengerikan, siap untuk turun tangan untuk membantu pengumpulan jenazah."

Baca juga: PM ingatkan Inggris bisa kewalahan seperti Italia dalam perangi Corona

Selain mengumpulkan jenazah seandainya ada korban massal, petugas pemadam kebakaran dapat mengoperasikan ambulans, dan membawa makanan dan obat-obatan ke pihak yang rentan berdasarkan perjanjian.

Untuk mengatasi wabah ini, Inggris telah meminta puluhan ribu pensiunan dokter dan petugas kesehatan untuk kembali bekerja, sementara ratusan ribu orang telah mengajukan diri untuk membantu Layanan Kesehatan Nasional yang dikelola pemerintah.

Pada Jumat, layanan ambulans ibukota meminta bantuan mantan paramedis dan ruang kontrol, dan pasukan polisi London meminta petugas yang telah pensiun dalam lima tahun terakhir untuk kembali bekerja.

"Adalah penting bahwa kita mengambil semua langkah yang masuk akal untuk meningkatkan jumlah kita," kata Komisaris Polisi Metropolitan London, Cressida Dick.

Baca juga: Pangeran Charles, pewaris tahta Kerajaan Inggris, positif COVID-19
Sumber: Reuters