Pemkot Palembang berupaya tingkatkan pembinaan UMKM

id kadiskop dan umkm, dinas koperasi, umkm, bina umkm, pemkot palembang bina umkm

Pemkot Palembang berupaya tingkatkan pembinaan UMKM

Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kota Palembang, Ana Heryana (kiri) bersama pejabat jajaran pemkot. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan dalam kondisi sulit sekarang ini dan berkembang.

Pembinaan yang dilakukan seperti peningkatan kualitas dan pengembangan variasi produk dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, kata
Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Kota Palembang, Ana Heryana di Palembang, Jumat.

Selain melakukan pembinaan tersebut, pihaknya juga berupaya memberikan bantuan modal usaha.

Menurut dia, pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner, kerajinan tangan, busana tradisional dan bidang lainnya jangan menyerah dengan menurunnya omzet dampak kondisi ekonomi yang kurang baik dan pandemi COVID-19 akhir-akhir ini.

Kondisi sekarang ini harusnya menjadi tantangan untuk melakukan kegiatan yang mampu membawa pelaku UMKM bertahan.

"Dalam kondisi sulit sekarang ini harus melakukan berbagai cara agar bisa bertahan, sambil melihat peluang melakukan terobosan pengembangan usaha," ujarnya.

Melalui pembinaan itu diharapkan jumlah pelaku UMKM di Bumi Sriwijaya ini tidak mengalami penurunan drastis akibat tidak mampu bertahan menghadapi kondisi sulit tersebut.

Berdasarkan data pada 2019, di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini terdapat sekitar 37 ribu pelaku UMKM, kata Kadiskop dan UMKM.