IOC persiapkan Olimpiade bulan Juli-Agustus 2021

id olimpiade tokyo,komite olimpiade internasional

IOC persiapkan Olimpiade bulan Juli-Agustus 2021

Sejumlah warga mengekanan masker untuk menghidari penuralan COVID-19 saat menyaksikan obor api abadi Olimpiade Tokyo 2020 di dekat stasiun kereta Miyako, Iwate, Jepang (22/3/2020). ANTARA/AFP/Philip Fong/aa. (AFP/PHILIP FONG)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) tengah bekerja dengan sejumlah badan olahraga internasional untuk menyiapkan Olimpiade Tokyo yang berpeluang digelar pada bulan Juli-Agustus 2021.

Diharapkan kepastian persiapan ini bisa didapatkan dalam waktu satu bulan, sebagaimana laporan Reuters.

Baca juga: IOC tetap pakai nama Olimpiade 2020 Tokyo meski mundur setahun

"Kami ingin menyelesaikan (pembahasan) tanggal pastinya dalam empat minggu," kata Kepala Koordinator IOC di Tokyo John Coates, Kamis.

Berdasarkan informasi yang ia berikan, Coates memberi sinyal bahwa pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang tertunda diharapkan bisa terlaksana antara jadwal Grand Slam Wimbledon dan US Open.

Baca juga: Kemenpora menghormati keputusan penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Pria yang juga menjabat Presiden Komite Olimpiade Australia (AOC) ini mengatakan, penjadwalan di musim panas tahun depan juga untuk menghindari tumpang tindih dengan jadwal kejuaraan dunia renang (16 Juli-1 Agustus) dan atletik (6-15 Agustus).

Kepala Atletik Dunia Sebastian Coe menyampaikan bahwa kejuaraan dunia atletik di Eugene, Oregon, Amerika Serikat, bisa saja dimundurkan ke tahun 2022 jika diperlukan.

Persiapan Olimpiade tahun depan juga berdampak pada penundaan kejuaraan marathon di Kota Sapporo, Jepang.

Di hari yang sama, panitia Olimpiade Tokyo 2020 juga meresmikan sebuah gugus tugas khusus untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penundaan ini, seperti peninjauan tanggal yang baru sampai soal keamanan venue.
Baca juga: IOC: Olimpiade Tokyo digelar tidak lampaui musim panas 2021
Baca juga: Penundaan Olimpiade disambut baik, tapi pengambilan keputusannya dikritik
Baca juga: Penundaan Olimpiade Tokyo menjadi keputusan bersejarah