Satu PDP Lampung terkonfirmasi positif COVID-19

id Corona, lampung

Satu PDP Lampung terkonfirmasi positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana tengah memberikan keterangan mengenai penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Bandarlampung Kamis 26/03/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Lampung merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera, ada kemungkinan terjadi eskalasi penyakit pun kita tidak tahu sehingga perlu peran serta masyarakat untuk mencegah dengan cara jangan bepergian keluar Lampung dan tetap berada di rumah, katanya
Bandar Lampung (ANTARA) - Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung dinyatakan positif COVID-19, sementara salah seorang lainnya dinyatakan membaik. 

"Saya ingin menginformasikan keadaan terkini di Provinsi Lampung setelah kami dihubungi langsung oleh kementerian, ada penambahan satu pasien PDP yang terkonfirmasi positif COVID-19, " ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Kamis. 

Ia mengatakan, satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini tengah menjalani perawatan di RSUDAM sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19. 

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19 di sekolah, Wagub Lampung pimpin penyemprotan disinfektan

"Pasien kedua terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan pasien PDP berumur 35 tahun, laki-laki dan memiliki riwayat perjalanan ke Yogyakarta, saat ini pasien tengah menjalani perawatan di RSUDAM," ucapnya. 

Menurutnya, keadaan pasien sedikit mengalami penurunan, namun di sisi lain satu orang PDP positif COVID-19 mulai membaik. 

"Kita akan terus berusaha merawat pasien dan terus mendoakan, meskipun kondisi pasien kedua saat ini mengalami sedikit penurunan, tapi kita juga harus bersyukur sebab pasien PDP pertama yang terkonfirmasi positif COVID-19 kondisinya saat ini berangsur membaik, " katanya. 

Baca juga: Satu keluarga di Magetan positif COVID-19

Ia menjelaskan, kasus positif COVID-19 kedua di Provinsi Lampung bukanlah transmisi lokal sehingga Pemerintah Provinsi Lampung akan terus memperketat protokol kesehatan serta edukasi bagi pendatang. 

"Lampung merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera, ada kemungkinan terjadi eskalasi penyakit pun kita tidak tahu sehingga perlu peran serta masyarakat untuk mencegah dengan cara jangan bepergian keluar Lampung dan tetap berada di rumah, " katanya. 

Perkembangan kasus COVID-19 pada hari ini di Provinsi Lampung, terdapat dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif COVID-19, terdapat 15 orang pasien PDP, ada 294 orang dalam pemantauan (ODP), serta tiga orang dinyatakan negatif yang diperbolehkan untuk pulang ke rumah. 

Baca juga: KAI Divre IV siapkan ruang penyemprotan disinfektan
 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar