RSBNH siap jadi rumah sakit pusat penanganan COVID-19 di Lampung

id Corona, rumah sakit khusus,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

RSBNH siap jadi rumah sakit pusat penanganan COVID-19 di Lampung

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana tengah memberikan keterangan, Bandarlampung, Selasa 24/03/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) telah siap menjadi pusat penanganan COVID-19.

"Rumah Sakit Bandar Negara Husada sebenarnya adalah rumah sakit yang telah lama beroperasi, sehingga untuk menerima pasien tentu telah siap, " ujar Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, Rumah Sakit Bandar Husada yang berada di Kota Baru Bandarlampung memiliki ruang isolasi yang siap menampung pasien.

"Saat ini tersedia ruang isolasi bagi pasien, alat medis dan terdapat lebih kurang 20 kasur bagi pasien yang nantinya akan ditambah lagi bila ada penambahan pasien, " katanya.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Provinsi Lampung juga tengah menyiapkan sejumlah alat medis khusus untuk menangani COVID-19, guna melengkapi Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH).

"Saat ini tengah menyiapkan tambahan alat medis, namun secara keseluruhan sudah siap terlebih saat ini Lampung memiliki sumber daya manusia yang siap juga membantu menangani COVID-19, " katanya.

Ia menjelaskan, telah ada 2.000 orang dokter, 6.000 orang perawat yang siap menangani pasien.

Rumah Sakit Bandar Negara Husada dipilih oleh Pemerintah Provinsi Lampung menjadi rumah sakit utama penanganan pasien COVID-19, melengkapi  rumah sakit rujukan COVID-19 lain, seperti Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek, RSUD Bob Bazar Kalianda dan RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro.