Bamsoet telah surati Kasatgas COVID-19 lakukan "rapid test" seluruh anggota MPR

id MPR RI,COVID-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Bamsoet telah surati Kasatgas COVID-19 lakukan "rapid test" seluruh anggota MPR

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Saya sudah menulis surat ke BNPB untuk meminta Ketua Satgas melakukan 'rapid test' COVID-19 baik pada anggota dewan dan keluarganya
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan telah menulis surat kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 Doni Munardo agar menerbitkan otoritas melakukan "rapid test" kepada seluruh anggota MPR RI.

"Saya sudah menulis surat ke BNPB untuk meminta Ketua Satgas melakukan 'rapid test' COVID-19 baik pada anggota dewan dan keluarganya plus seluruh karyawan dan keluarganya di Kompleks Parlemen termasuk DPR dan DPD RI," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan masih menunggu jawaban Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 atas surat yang telah dikirimi tersebut.
Baca juga: Sebanyak 575 anggota DPR akan lakukan tes cepat COVID-19

Selain tes untuk anggota MPR, menurut Bamsoet, dirinya juga mengusulkan agar para jurnalis yang meliput di lingkungan Kompleks Parlemen ikut melakukan "rapid test".

"Saya juga minta BNPB agar untuk melakukan tes pada wartawan agar cepat diketahui dan dilakukan tindakan lanjutan. Untuk meminimalisir tidak meluasnya dan menularkan COVID-19 kepada yang lain," ujarnya.

Baca juga: Ekonom UI nilai tes cepat dan jarak bisa kendalikan wabah Corona

Selain itu dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah memulai gerakan "rapid test" COVID-19 kepada masyarakat sesuai perintah Presiden Jokowi.

Menurut dia, di wilayah Jakarta Selatan sudah melakukan tes tersebut dan akan dilakukan di seluruh daerah yang diduga menjadi pusat terjangkitnya wabah COVID-19.

"Kita percayakan kepada pemerintah (lakukan 'rapid test' COVID-19). Presiden Jokowi sudah mengarahkan untuk segera melakukan tes tersebut," katanya.