Jaga stabilitas ekonomi, BI lakukan operasi pasar

id Stabilitas ekonomi, bank Indonesia, Corona, antisipasi

Jaga stabilitas ekonomi, BI lakukan operasi pasar

Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan tengah memberi keterangan, (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung beserta pemerintah Provinsi Lampung melakukan operasi pasar sebagai salah satu langkah menjaga stabilitas perekonomian Lampung. 

"Kami mendukung pemerintah untuk menyelenggarakan operasi pasar, untuk menjamin ketersediaan pasokan komoditas strategis," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan operasi pasar akan dilaksanakan dengan lebih terencana untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Guna menjaga agar tidak ada penyimpangan dan menjaga daya beli masyarakat, tim inflasi daerah akan berkoordinasi dengan satgas pangan, " katanya.

Menurutnya, selain melaksanakan operasi pasar, Bank Indonesia akan bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakan penyaluran bantuan sosial dengan menaikkan plafon anggaran sebesar Rp200. 000 per bulan.

Langkah menjaga stabilitas perekonomian di tengah virus corona (COVID-19) Bank Indonesia melakukan sejumlah langkah seperti penurunan suku bunga acuan, menurunkan giro wajib, dan giro minimal valuta asing dan rupiah, memperluas jenis cakupan investor asing, serta memfasilitasi investor global.

"Kami juga melakukan berbagai langkah lain yang dilakukan melalui perbankan yaitu dengan melaksanakan koordinasi bersama sejumlah perbankan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti menyediakan hand sanitizer, " katanya.