HK melakukan pencegahan Covid-19 di lingkungan kerja hingga jalan tol

id HK lakukan pencegaha Covid-19 ,di lingkungan kerja hingga jalan tol

HK melakukan pencegahan Covid-19 di lingkungan kerja hingga jalan tol

Petugas kesehatan melakukan pengecekan kesehatan terhadap karyawan Hutama Karya (Antaranews Lampung/HO/Ardiansyah.)

Bandar Lampung (ANTARA) -

PT Hutama Karya (Persero) berupaya melakukan antisipasi dan pecegahan terkait dengan merebaknya virus corona (Covid-19) di seluruh lingkungan kerja baik di kantor pusat maupun di wilayah operasional yang menjadi fasilitas publik seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Hingga sekarang, Hutama Karya telah melakukan berbagai tindakan preventif guna mencegah penyebaran virus corona di lingkungan perusahaan," kata Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo, dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, jaryawan diajak untuk terus menjaga kesehatan tubuh dengan rajin mencuci tangan, beretika apabila batuk/bersin, menggunakan masker bagi yang sakit, serta untuk karyawan yang merasa tidak sehat untuk segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut dia, selain memberikan imbauan secara masif kepada seluruh karyawan dan pengunjung gedung, beberapa protokol kesehatan diterapkan di HK Tower, kantor pusat Hutama Karya, proyek hingga ruas jalan tol.

Ia mengatakan bahwa selain akses keluar-masuk gedung yang diperketat dengan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh pegawai maupun tamu tanpa terkecuali sebanyak minimal dua kali sehari.

Pejabat serta karyawan juga diminta untuk membatalkan atau menunda perjalanan dinas baik di dalam maupun luar negeri untuk sementara waktu.

"Bagi yang habis melakukan perjalanan dinas dari luar negeri, kami minta yang bersangkutan untuk mengkarantina diri di rumah selama 14 hari dan memeriksakan kesehatannya sebelum kembali ke kantor. Kami juga mengeluarkan kebijakan untuk tidak memperkenankan penerimaan tamu dalam bentuk apapun. Semuanya kita coba alihkan melalui tele conference/video conference,” ujar Bintang menjelaskan.

Disamping itu, Hutama Karya juga memeriksa riwayat perjalanan yang dilakukan oleh pegawai di seluruh unit bisnis serta menyediakan logistik dan fasilitas pencegahan Covid-19 yang memadai.

"Hand sanitizer kita letakkan di seluruh ruang kerja dan lift, lalu masker dan thermal scanner secara cukup juga sudah kita siapkan. Termasuk petugas medis yang sudah kita siapkan jikalau terjadi skenario terburuk,” pungkas Bintang.


Tak hanya itu, Hutama Karya juga telah menyiapkan ruang karantina khusus di Gedung HK Tower dan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja secara rutin.

Perusahaan juga mengaktifkan hotline Corona di Kantor Pusat yang dapat dijangkau selama 24 jam setiap hari.

Tak hanya di kantor pusat saja, pencegahan Covid-19 juga diterapkan oleh Hutama Karya di seluruh ruas tol yang dioperasikan baik di JTTS maupun di ruas tol ATP & JORR-S


Perusahaan telah meminta seluruh kepala cabang setiap ruas jalan tol untuk memastikan area kerja kondusif dan sosialisasi pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan masif di kantor cabang tol maupun di gerbang tol.

Seperti halnya di ruas tol JORR-S dan ATP, seluruh petugas tol wajib melakukan pemeriksaan tensi dan suhu badan setiap pergantian shif. Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin baik di kantor cabang hingga gerbang tol.

Seluruh gerbang tol juga telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang memudahkan petugas untuk rutin menjaga kebersihan tangan setelah melayani pengguna tol.

Bergeser ke Sumatera, penanganan serupa juga telah diimplementasikan di seluruh ruas JTTS yang dioperasikan oleh Hutama Karya mulai dari Tol Medan-Binjai,  Palembang – Indralaya, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Seluruh petugas di tol Bakter telah diberikan sosialisasi mengenai penyebaran Covid-19 oleh petugas medis dari Rumah Sakit Natar Medika yang diikuti dengan pengecekan suhu dan pemeriksaan tensi.

Begitu pula di ruas tol Terpeka, setiap petugas jalan tol serta tamu yang mengunjungi kantor cabang wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer yang disediakan serta dilakukan pengecekan dengan thermometer infrared serta mencatat seluruh daftar tamu yang keluar masuk.

Hutama Karya memastikan bahwa perusahaan tetap akan berupaya memberikan pelayanan masksimal bagi pengguna tol di tengah merebaknya wabah Covid-19 dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan guna pencegahan penyebaran virus yang lebih meluas.
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar