PT KAI Divre IV lakukan penyemprotan disinfektan cegah COVID-19

id PT Kai Divre IV ,lakukan penyemprotan disinfektan,Cegah penularan covid-19

PT KAI Divre IV lakukan penyemprotan disinfektan cegah COVID-19

Petugas PT KAI Divre IV Tanjung Karang menyemprotkan cairan disinfektan pada kursi penumpang KA Kuala Stabas di Stasiun Kareta Api Tanjung Karang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (16/3/2020). Penyemprotan cairan disinfektan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah untuk megantisipasi penyebaran virus COVID-19 atau virus Corona. (Antaranews Lampung/Ardiansyah)

Divre IV Tanjungkarang menyediakan hand sanitizer di area pintu boarding stasiun Tanjungkarang, dan semua stasiun yang ada di wilayah kerjanya, katanya
Bandar Lampung (ANTARA) -
Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang menyemprotkan cairan disinfektan pada kursi penumpang KA Kuala Stabas di Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (16/3/2020). Penyemprotan cairan disinfektan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah untuk megantisipasi penyebaran virus COVID-19 atau virus corona. (Antaranews Lampung/Ardiansyah)
 
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang melakukan upaya pencegahan menyebarnya virus corona (COVID-19) dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rangkaian kereta api, area Stasiun Tanjungkarang untuk memberikan memberikan kenyamanan bagi penumpang.

“Selama ini untuk sarana kereta api setiap hari selalu dibersihkan bagian luar dan dalamnya menggunakan cairan khusus termasuk di dalamnya untuk membunuh bakteri. Kami memastikan kereta selalu bersih dengan melakukan treatment pest control dan fumigasi di kereta api. Adapun kegiatan hari ini secara khusus adalah penyemprotan dan fogging disinfektan di area stasiun, kantor dan juga kereta api,” kata Deputi PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sukamto, di Bandarlampung, Senin.  
Menurutnya, petugas akan aktif membersihkan area-area yang sering disentuh penumpang atau pekerja seperti pegangan kursi, pegangan pintu, alat kerja bahkan kabin masinis pun tidak luput dari upaya pembersihan virus.

Baca juga: Cegah corona makin meluas, KAI akan periksa suhu seluruh penumpang di semua stasiun

Selain itu, upaya-upaya preventif mencegah menyebarnya virus corona terus dilakukan pihak PT KAI Divre IV Tanjungkarang, di antaranya melakukan sosialisasi kepada penumpang di ruang tunggu, pembagian masker, pemberian cairan hand sanitizer dan memasang banner tentang etika batuk, membagikan masker dan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar.

“Divre IV Tanjung Karang menyediakan hand sanitizer di area pintu boarding stasiun Tanjung Karang, dan semua stasiun yang ada di wilayah kerjanya,” katanya.

Sukamto menjelaskan petugas frontliner dilengkapi dengan masker dan sarung tangan untuk mengurangi resiko penyebaran virus. Bahkan PT KAI telah mengeluarkan aturan terbaru tentang pengukuran suhu tubuh penumpang.

Baca juga: PT KAI Divre IV larang penumpang naik kereta api yang suhu badan 38 atau lebih

“Apabila pada saat pemeriksaan di pintu boarding memiliki suhu tubuh 38 derajat Celcius ke atas, dan atas rekomendasi petugas kesehatan penumpang dilarang melanjutkan perjalanan, maka tiket penumpang tersebut dapat dikembalikan penuh,” katanya.

Sukamto mengimbau agar penumpang kereta api senantiasa bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan saat menggunakan kereta api. Jika badan tidak fit, penumpang diminta melapor kepada petugas untuk kemudian dirujuk ke pos kesehatan.

Baca juga: PT KAI Divre IV berikan edukasi kepada penumpang tentang pencegahan virus corona