Pesawat tak dikenal serang kota perbatasan Suriah dengan Irak

id Pesawat tak dikenal,gempur,Albukamal,Suriah,Irak

Pesawat tak dikenal serang kota perbatasan Suriah dengan Irak

Para pengungsi dari Iran dan Suriah berjalan menuju wilayah Pazarkule, Turki, yang berbatasan dengan Kastanies, Yunani, di Edirne, Turki, Senin (9/3/2020). ANTARA/REUTERS/MURAD SEZER/tm

Amman (ANTARA) - Pesawat tak dikenal menggempur sasaran di Kota Albukamal, Suriah tenggara, di sepanjang perbatasan strategis dengan Irak dan hanya mengakibatkan kerusakan, menurut media pemerintah pada Rabu (11/3).

Sumber intelijen Barat menyebutkan kota perbatasan itu terletak di rute pasokan strategis bagi kelompok dukungan Iran, yang kerap mengirim bala bantuan dari Irak ke Suriah guna membantu pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Israel menyerang pangkalan Iran di area tersebut beberapa kali sejak awal tahun, tambahnya.

Dua personel AS dan satu personel Inggris tewas dan belasan orang lainnya terluka ketika 15 roket menggempur kamp militer Taji Irak di utara Baghdad pada Rabu, kata pejabat AS kepada Reuters, mengutip informasi awal.

Albukamal di perbatasan Irak dan Suriah adalah kota penting bagi upaya Iran untuk memperkuat kekuasaannya di koridor wilayah dari Teheran hingga Beirut.

Kelompok Syiah Irak dukungan Iran, yang dikenal sebagai Pasukan Mobilisasi Populer (PMF), merebut Kota Albukamal di Sungai Eufrat dari ISIS menjelang akhir 2017.

Mereka kini menguasai kota, yang sebagian besar penduduknya merupakan Muslim Sunni, dan area sekitarnya dengan kehadiran milisi dengan jumlah yang cukup besar, menurut sumber intelijen.

Kelompok dukungan Iran itu juga mengendalikan bentangan perbatasan di sisi Irak.

Sumber: Reuters