Korban meninggal dunia akibat infeksi COVID-19 adalah WNA

id Achmad Yurianto

Korban meninggal dunia akibat infeksi COVID-19 adalah WNA

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Mohammad Syahrir (kanan), menyampaikan perkembangan penanganan pasien COVID-19 di pelataran gedung RS, Jakarta, Rabu (11/2/2020). (Foto : ANTARA/Genta Tenri Mawangi).

Jakarta (ANTARA) - Seorang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan meninggal pada Rabu, bukan pasien Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, demikian konfirmasi dari Direktur Utama Mohammad Syahrir RSPI Sulianti Saroso dalam jumpa pers di Jakarta.

"Sampai saat ini tidak ada yang meninggal di RSPI," kata Syahrir.

Dalam kesempatan itu, ia justru menyampaikan dua dari delapan pasien COVID-19 yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso telah dinyatakan pulih, khususnya setelah pemeriksaan menunjukkan hasil negatif.



"Di RSPI ada delapan pasien yang dinyatakan positif, tetapi dua diantaranya, pasien nomor 3 dan pasien nomor 6 (penomoran dari urutan masuk ke RSPI Sulianti Saroso, red) Alhamdulillah sudah negatif. Kemudian pasien lain (yang masih positif, red) gejala klinisnya sampai saat ini masih stabil baik. Artinya, tidak ada demam tinggi, tidak ada sesak napas, masih ada batuk-batuk, tetapi tidak terlalu berat," terang dia.

Ia menjelaskan secara umum seluruh pasien dalam keadaan baik mengingat mereka dapat melakukan aktivitas keseharian seperti biasa. "Mereka bisa berinteraksi, bisa melakukan aktivitas sehari-hari biasa, bisa ganti pakaian, bisa makan, bisa ke toilet tanpa harus dibantu," tambah Syahrir.



Pada hari ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengumumkan satu pasien positif COVID-19 wafat. Korban merupakan pasien nomor 25, seorang warga negara asing, berjenis kelamin perempuan, berusia 53 tahun.

Pasien itu dinyatakan meninggal pada pukul 02:00 WIB.

Sebelum masuk ruang isolasi karena positif COVID-19, pasien nomor 25 diketahui telah mengidap penyakit diabetes, hipertensi, gangguan paru, dan obstruksi menahun.