Itera beri edukasi mahasiswa terkait Covid-19

id COVID-19,WUHAN,CORONA,corona lampung

Itera beri edukasi mahasiswa terkait Covid-19

Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof Dr Ing Mitra Djamal saat memberikan pemaparan pentingnya pengetahuan terkait Covid-19 oleh mahasiswa yang akan diberikan oleh narasumber, Rabu (4/3/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

"Saat ini Covid-19 menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat hingga memunculkan keresahan berlebihan," kata dia.
Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan edukasi kepada seratusan mahasiswanya terkait penyebaran dan pencegahan Virus Corona/Covid-19 yang telah mewabah ke berbagai negara termasuk Indonesia.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya mahasiswa Itera tentang COVID-19, agar tidak menimbulkan ketakutan yang berlebihan," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof Dr Ing Mitra Djamal, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu.
Baca juga: Masyarakat Lampung tak perlu panik hadapi virus corona

Ia mengatakan pemahaman tentang Covid-19 yang belakangan dikhawatirkan oleh masyarakat, karena adanya warga negara Indonesia yang positif terinfeksi Covid-19, sangat perlu untuk menghindarkan dari kesalahan informasi.  

"Melalui kegiatan ini, kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas dari para pakar tentang Covid-19, karena masyarakat perlu diedukasi tentang jenis penyakit baru ini agar tidak timbul keresahan yang luar biasa," ujarnya pula.

Bertindak sebagai narasumber dalam edukasi itu, Kepala Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Lusi Darmayanti menjelaskan, Covid-19 adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya sama seperti penyakit akibat infeksi virus lainnya.

Namun, lanjutnya, masyarakat juga perlu meningkatkan kewaspadaan dan menjaga daya tahan tubuh dengan baik serta menerapkan pola hidup sehat, sehingga tidak perlu memiliki kepanikan yang berlebih.

"Saat ini Covid-19 menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat hingga memunculkan keresahan berlebihan," kata dia.
Baca juga: Dinkes himbau masyarakat tidak panik akan virus corona

Apalagi, kata dia, dengan banyaknya pengguna media sosial, dan banyak informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya tersebar begitu saja menjadikan masyarakat takut.

"Kasus positif Covid-19 hingga saat ini belum ditemukan di Provinsi Lampung," kata dia lagi.

Sebagai bentuk antisipasi, kata dia, Provinsi Lampung melalui Rumah Sakit Umum Daerah dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) sudah memiliki fasilitas ruangan khusus yang mampu menangani pasien positif Covid-19, dan sudah berstandar World Health Organization (WHO).

"Jadi kepada mahasiswa Itera dan masyarakat, saya tekankan jangan panik, sebab kepanikan justru akan membuat second disaster atau serangan wabah penyakit berikutnya," kata dia pula.