Bupati Pesisir Barat buka MTQ VII Tahun 2020

id Lampung, pesisir barat, mtq

Bupati Pesisir Barat buka MTQ VII Tahun 2020

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama jajaran, saat pembukaan MTQ ke-17 Tingkat Kabupaten Pesisir Barat. (ANTARA/HO/Pemkab Pesisir Barat)

"Agar seluruh umat islam di Kabupaten Pesisir Barat untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan MTQ yang kali ini mengangkat tema "Melalui MTQ yang ke-7 Kabupaten Pesisir Barat kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Alquran menuju masyarak
Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Tahun 2020 ini benar-benar dijadikan filter atau penyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Alquran.

Agus juga minta agar MTQ ke-7 Kabupaten Pesisir Barat ini menjadi fondasi untuk masyarakat terutama generasi muda, agar senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus daerah dan bangsa yang qurani.

"Agar seluruh umat islam di Kabupaten Pesisir Barat untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan MTQ yang kali ini mengangkat tema "Melalui MTQ yang ke-7 Kabupaten Pesisir Barat kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Alquran menuju masyarakat Pesisir Barat yang madani, mandiri, dan sejahtera," kata Agus Istiqlal, saat membuka MTQ VII, di Pesisir Barat, Rabu.

Menurutnya, kegiatan MTQ ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan umat Islam di Kabupaten Pesisir Barat, karena ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga nasional dan internasional, tentunya pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekadar bermakna sebagai syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome dari kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di tengah masyarakat.

Selain itu, Agus menjelaskan, MTQ ini menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Pesisir Barat hingga saat ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keagamaan. Semoga ini bukan hanya ajang tahunan, tetapi ajang ini untuk kita mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Agus lagi.

Ketua Pelaksana MTQ VII Tingkat Kabupaten Pesisir Barat N Lingga Kusuma mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung selama 6 hari dari tanggal 3 sampai dengan 8 Maret 2020 dengan tema "Melalui MTQ yang ke-7 Kabupaten Pesisir Barat kita tingkatkan pemahaman nilai-nilai Alquran menuju Pesisir Barat yang madani, mandiri, dan sejahtera".

Selanjutnya disampaikan pula bahwa MTQ ke-7 Kabupaten Pesisir Barat diikuti oleh 365 peserta dari 11 kecamatan.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Pesisir Barat Tedi Zadmiko menginformasikan bahwa pelaksanaan MTQ ke-7 Tingkat Kabupaten Pesisir Barat ini diawali dengan pawai taaruf yang diikuti oleh puluhan kendaraan hias bernuansa Islami dengan rute Terminal Way Batu menuju Lapangan Merdeka Labuhan Jukung, Krui pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai, dilanjutkan dengan malam pembukaan pada hari yang sama pada pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai.

Selain Bupati Pesisir Barat, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pesisir Barat, Ketua, Wakil Ketua, dan anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, unsur Forkopimda Pesisir Barat-Lampung Barat, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua LPTQ Pesisir Barat, beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Barat, camat serta para peratin.