TP PKK Bandarlampung sosialisasikan gerakan lawan COVID-19

id COVID-19,WUHAN

TP PKK Bandarlampung sosialisasikan gerakan lawan COVID-19

Ketua TP PKK Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi melawan Covid-19, Rabu. (4/3/2020) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandarlampung menyosialisasikan gerakan melawan COVID-19 ke masyarakat setempat dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah.

"Kita harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bersih dan meningkatkan stamina tubuh, agar virus apapun sulit menyerang badan kita," kata Ketua TP PKK Kota Bandarpampung, Eva Dwiana, di Bandarlampung, Rabu.

Istri Wali Kota Bandarlampung Herman HN itu juga menegaskan, pihaknya sedang gencar mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, apalagi saat ini sedang memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrim dimana virus apapun akan cepat berkembangnya.

Baca juga: Masyarakat Lampung tak perlu panik hadapi virus corona

"Masyarakat juga tidak perlu terlalu khawatir terkait virus yang sedang merebak di mana-mana ini sebab selama masyarakat dapat mencegahnya dan menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan COVID-19 tidak akan menyerang tubuh kita," kata dia.

Eva juga menganjurkan masyarakat yang sakit jangan sungkan untuk melaporkan atau memeriksakan keadaannya ke dokter atau ke rumah sakit dan jangan takut dikucilkan.

 "Saya yakin warga Bandarlampung tidak seperti itu. kalau kita sakit ya periksakan nanti bisa parah penyakitnya, sebab tidak semua orang yang batuk pilek itu terpapar virus ini," tegasnya.

Ia pun meyakini bahwa dengan hidup sehat seperti mencuci tangan dan pakaian setelah aktivitas, berolahraga, dan menjaga kebersihan makanan, serta mengkonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah asli Indonesia hal ini dapat menepis virus apapun dari tubuh.

"Ternyata herbal kita bisa mencegah COVID-19 dibanding pengobatan dengan zat kimia, maka mari kita banyak konsumsi ini karena Lebih baik mencegah dari pada mengobati," ujarnya.

Dalam kegiatan Gerakan Melawan Virus Corona di Kelurahan Kaliawi, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, tersebut Eva Dwiana, melakukan aksi mengolah ramuan tradisional dengan bahan rempah-rempah asli Indonesia seperti, kunyit, jahe dan sebagainya.

Baca juga: Dinkes himbau masyarakat tidak panik akan virus corona
Baca juga: Kadinkes Waykanan minta masyarakat tetap tenang dan jangan panik terhadap virus corona