Ribuan umat Hindu di Lampung gelar prosesi Puja Wali

id umat hindu, puja wali, hari raya kuningan

Ribuan umat Hindu di Lampung gelar prosesi Puja Wali

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama umat Hindu di Lampung, Bandarlampung, Sabtu (29/2/2020) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Ribuan umat Hindu di Lampung, dikoordinasi Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung melangsungkan prosesi Puja Wali, di Pura Kerthi Buana, Jl Soekarno Hatta, Way Lunik, Telukbetung Selatan, Bandarlampung.

Ketua PHDI Provinsi Lampung I Ketut Pasek dalam keteranganya yang diterima di Bandarlampung, Sabtu, menyampaikan kegiatan rutin setiap 210 hari sekali, bertepatan dengan sakral peringatan Hari Raya Kuningan, prosesi Puja Wali tahun ini berlangsung tiga hari, Jumat (28/2) hingga Minggu  (1/3).

"Untuk memperingati dan merayakan hari kelahiran pura dengan sembahyang bersama menyampaikan rasa syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) melalui prabawa-Nya," ujar dia.

Dalam hal ini, Ketut Pasek mengungkapkan, bersyukur atas semua berkah dan anugerah-Nya selama ini yang telah dinikmati oleh seluruh umat Hindu di Provinsi Lampung.

Selain bersembahyang bersama, kegiatan diisi pengumpulan sumbangan uang tunai dan bentuk barang, serta bergotong royong. 

“Puja Wali kali ini yang ke-70, dengan usia pura 40 tahun, yang dilaksanakan tiga hari, 28-29 Februari dan 1 Maret 2020," kata Ketut. 

Ketut menyebut pelaksana Puja Wali kali ini yakni warga Hindu Bandarlampung dan Tulang Bawang, WHDI dan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Cabang Bandarlampung, dan DPP Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Lampung, yang dikoordinir PHDI Tulang Bawang dan Badan Pengelola Pura Provinsi Lampung.

Pembacaan Dharma Wacana, disesuaikan dengan permasalahan umat terkini --untuk mendapatkan pencerahan, juga disampaikan pada Puja Wali tersebut. Sehari sebelumnya, juga telah dilakukan doa bersama untuk keselamatan bangsa. 

Turut hadir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Tulang Bawang Winarti, Kepala Bidang Bimas Hindu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung I Ketut Gde Riasta Astawa.

Kemudian, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Lampung Ni Komang Dresti Sudiarti, Ketua PHDI Bandarlampung I Dewa Kadek Artha, Ketua PHDI Tulangbawang I Wayan Putu Umbara, serta jajaran pengurus PHDI provinsi dan kabupaten/kota se-Lampung.