Basarnas gelar pelatihan SAR untuk daerah rawan bencana

id SAR, daerah bencana Lampung

Basarnas gelar pelatihan SAR untuk daerah rawan bencana

Badan SAR Nasional (Basarnas) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma).

Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Lampung dalam waktu dekat segera melakukan pelatihan SAR khususnya di daerah rawan bencana.



"Pelatihan itu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana," kata Kepala Basarnas Lampung, Jumaril pada upacara HUT ke-48 Basarnas, di Beranti, Lampung Selatan, Jumat.



Ia mengemukakan, ada empat program kegiatan pelatihan potensi SAR yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, pelatihan tersebut ditargetkan melibatkan sekitar 200 orang terutama masyarakat.



Menurut dia, selain Basarnas Lampung, latihan juga digelar wilayah pesisir, seperti Tanggamus dan sekitarnya, yang menjadi target pihaknya untuk mengikuti kegiatan itu yaitu para nelayan dan kelompok sadar wisata.



Hal tersebut, lanjut dia sebagai bentuk dukungan Basarnas untuk sektor pariwisata di Lampung.



"Bentuk dukungan selain sektor pariwisata lainnya yaitu kami siaga khususnya pada momen Idul Fitri, Natal maupun tahun baru.



Pihaknya juga telah menyiapkan berbagai kegiatan, diantaranya pelatihan untuk potensi SAR sebanyak empat kali pada tahun ini, dengan target minimal membentuk potensi SAR 200 orang.



Di sisi lain, ia menambahkan kinerja SDM Basarnas Lampung saat ini ditopang oleh peralatan-peralatan keamanan yang cukup mumpuni seperti KN SAR Basudewa, 2 unit RIG dan 1 Amphibious serta 8 perahu karet yang disiagakan guna antisipasi kecelakaan bencana dan kondisi yang membahayakan manusia.



Sementara untuk helikopter, Basarnas Lampung masih dibantu dari Lanud Atang Sanjaya dan Lanud Pondok Cabe yang dioperasionalkan oleh Kantor Pusat Basarnas.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar