Gol Tousart tenggelamkan Juventus

id Liga Champions,Olympique Lyon,Juventus

Gol  Tousart tenggelamkan Juventus

Pemain Olympique Lyon Lucas Tousart merayakan gol yang dicetak ke gawang Juventus pada leg pertama 26 besar Liga Champions yang dimainkan di Stadion Groupama, Lyon, Rabu (26/6/2020). (ANTARA/H0/ECOEUR).

Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang Lucas Tousart mengamankan kemenangan 1-0 Lyon atas Juventus dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Stadion Groupama, Lyon, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Kemenangan tipis ini sama sekali belum membuat Lyon nyaman, karena mereka akan memainkan pertandingan leg kedua di Stadion Juventus, Turin, 17 Maret mendatang.

Tetapi bagi Lyon, kemenangan tersebut layak dituliskan dalam buku sejarah, sebab inilah pertama kalinya Lyon menang atas Juve.

Juventus menggebrak sejak awal. Cristiano Ronaldo merangsek masuk kotak penalti dan mengirimkan umpan silang melewati Lucas Tousart dan kiper Anthony Lopes namun bola tidak dapat dijangkau Juan Cuadrado.

Tetapi peluang berbahaya pertama justru menjadi milik Lyon pada menit ke-21. Tendangan sudut Houssem Aouar diteruskan sundulan Karl Toko Ekambi untuk membentur tiang gawang Juventus.



Ronaldo yang bermain melebar kembali mengirimkan umpan silang bagus ke depan gawang tuan rumah, namun lagi-lagi tidak ada rekan setimnya yang mampu menjangkau bola.

Tanpa diduga Lyon justru mampu unggul pada menit ke-31. Aouar bergerak cepat di sisi kiri setelah menerima bola lemparan ke dalam, ia menusuk masuk kotak penalti Juventus sebelum mengirimkan umpan silang mendatar untuk disambar Tousart.

Saat sedang berusaha mengejar ketertinggalan, kepala bek Juve Matthis de Ligt terlihat berlumuran darah akibat tidak sengaja terinjak rekan setimnya Alex Sandro. Saat De Ligt mendapat perawatan, Lyon tidak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain sampai bek asal Belanda itu kembali untuk melanjutkan permainan.

Setelah umpan-umpan silangnya gagal berbuah gol, Ronaldo kemudian berusaha melepaskan sepakan setelah merangsek dari kiri, namun bola masih mengarah ke sisi kanan luar gawang Lyon.

Menjelang turun minum, Ekambi masih sempat dua kali mengancam gawang tim tamu. Tetapi kedua sepakan yang dilepaskannya masih belum mengarah ke sasaran.



Pada babak kedua Juventus tampil lebih menyerang. Ronaldo beberapa kali melakukan dribel dan cut off andalannya, namun bintang Portugal itu kesulitan mengembangkan permainan karena ditempel ketat bek Lyon.

Juve baru mendapatkan peluang menjelang menit ke-69, saat Alex Sandro bergerak dari kiri dan mengirimkan umpan silang, untuk diteruskan sepakan melebar Dybala.

Pemain Argentina itu kembali mendapat peluang melalui sepakan "first time" dari luar kotak penalti, kali ini sepakannya melambung ke atas mistar gawang.

Lyon bermain lebih dalam, sedangkan pelatih Juve Maurizio Sarri mencoba menajamkan lini serangnya dengan memasukkan dua gelandang serang yakn Federico Bernardeschi dan Aaron Ramsey.

Juve lagi-lagi memiliki peluang namun lagi-lagi gagal mengarahkan tembakan ke gawang, saat Danilo mengirimkan umpan yang diteruskan dengan sepakan melambung Gonzalo Higuain.

Dengan berbagai kejadian yang ada di lapangan, wasit memberikan tambahan waktu selama lima menit. Tetapi Juve tidak juga mampu menyamakan kedudukan sampai peluit panjang berbunyi.



Susunan pemain mengutip  laman resmi UEFA:

Lyon (3-4-1-2): Anthony Lopes, Jason Denayer, Marcelo, Fernando Marcal, Leo Dubois (KEnny Tete 78'), Lucas Tousart, Bruno Guimaraes, Maxwel Cornet (Joachim Andersen 81'), Karl Toko Ekambi (Martin Terier 66'), Houssem Aouar, Moussa Dembele

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny, Danilo, Matthijs de Ligt, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic (Aaron Ramsey 62'), Adrien Rabiot (Federico Bernardeschi 78'), Juan Cuadrado (Gonzalo Higuain 70'), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar