Pembentukan pola pikir penting bagi kemajuan bangsa

id Kedaulatan energi, perubahan pola pikir

Pembentukan pola pikir penting bagi kemajuan bangsa

Pengamat Migas Ugan Gandar tengah menjelaskan mengenai kedaulatan energi kepada mahasiswa, Bandarlampung, Selasa, 25/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Pengamat Migas Ugan Gandar mengatakan bahwa perubahan pola pikir generasi muda akan kedaulatan energi perlu dibangun untuk mempersiapkan kemajuan bangsa. 

"Perubahan pola pikir sangatlah penting guna mempersiapkan kemajuan bangsa, terutama akan kedaulatan energi, " ujar pengamat Migas, Ugan Gandar di Bandarlampung, Selasa. 

Ia mengatakan, pola pikir yang baik mengenai permasalahan bangsa terutama energi dapat membantu menyejahterakan masyarakat dan kemajuan bangsa. 

"Saat ini pola pikir sangat penting dibangun, sebab di era teknologi kita membutuhkan generasi muda yang tidak hanya berpikir untuk diri sendiri, melainkan untuk bangsa, " katanya. 

Menurutnya, pembentukan pola pikir yang baik terutama generasi muda dapat mencetak pemimpin-pemimpin negeri yang siap menghadapi beragam permasalahan terutama energi di masa depan. 

"Kita harus mempersiapkan semua bagi negara, terlebih lagi ada sejumlah penelitian yang mengatakan dalam jangka waktu 25 tahun krisis energi akan terjadi, " katanya. 

Ia mengatakan, perubahan pola pikir merupakan salah satu upaya konkret untuk membentuk kesadaran generasi muda akan kedaulatan energi dan menanggulangi krisis energi 25 tahun mendatang. 

"Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membentuk pola pikir serta kesadaran generasi muda, guna mempersiapkan segala permasalahan energi, salah satunya mempersiapkan inovasi energi baru terbarukan, serta memanfaatkan sumber energi selain minyak, "katanya.

Baca juga: Pengamat: Mahasiswa harus aktif bangun kedaulatan energi

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar