Pelabuhan milik Pelindo III akan dikunjungi sedikitnya 79 kapal pesiar tahun 2020

id Pelindo III, Kapal Pesiar kunjungi Pelindo III, Kapal Pesiar, kunjungan wisata ke Pelindo III, Kapal Cruise,wisata kapal pesir

Pelabuhan milik Pelindo III akan dikunjungi sedikitnya 79 kapal pesiar tahun 2020

Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya (kiri) bersama Dirut Pelindo III Irvandi (kedua kiri) dan Dirut Pelindo IV Farid Padang (kanan) mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di komplek Parlemen, Jakarta, Senin (10/2/2020). . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Sedikitnya 79 kapal pesiar atau cruise akan mengunjungi beberapa pelabuhan milik Pelindo III di tahun 2020, dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan melalui kapal pesiar ke Indonesia.

Surabaya (ANTARA) - Sedikitnya 79 kapal pesiar atau cruise akan mengunjungi beberapa pelabuhan milik Pelindo III di tahun 2020, dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan melalui kapal pesiar ke Indonesia.

Kepala Humas Pelindo III, Wilis Ajii Wiranata di Surabaya, Senin mengakui rencana kunjungan itu, dan menjadi motivasi untuk mendukung pemerintah dalam menargetkan 20 juta wisatawan datang ke Indonesia.

"Sebagai operator pelabuhan yang menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan mancanegara melalui wisata kapal cruise, kami telah menyiapkan sejumlah infrastruktur penunjang di beberapa pelabuhan, mulai dari perbaikan area terminal penumpang, pengerukan alur dan kolam hingga menambah standar panjang dermaga agar kapal cruise bisa bersandar," katanya.

Ia mengatakan, Pelindo III saat ini memiliki enam pelabuhan yang bisa digunakan bersandar kapal pesiar, masing-masing pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Benoa dan Celukan Bawang Bali, serta Lembar dan Gili Mas Nusa Tenggara Barat.
Baca juga: ASITA Aceh ingatkan Sabang waspadai wisman kapal pesiar terjangkit COVID-19

Sementara itu, hingga akhir November 2019, tercatat 124 unit kapal pesiar sandar di sejumlah pelabuhan, dan Pelabuhan Benoa, Bali menjadi tujuan utama dari kedatangan kapal pesiar, disusul Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, dan di Pelabuhan Tanjung Emas, Jawa Tengah.

"Kami berusaha terus menambah kapasitas dermaga dan fasilitas pendukung lainnya sehingga kapal cruise bisa sandar di dermaga," katanya.

Sebelumnya, pada Minggu (23/02) kapal pesiar bernama CMV Vasco da Gama berbendera Bahamas juga telah singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, dengan LOA (Length Over All) 219,40 meter dan GT (Gross Tonnage) 55.877 ton, yang berangkat dari Lombok menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, selanjutnya ke Singapura.

Kapal itu membawa 840 wisatawan asing dan 546 awak kapal ini, dan merupakan kapal ketiga yang berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, setelah sebelumnya kapal pesiar juga bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas yaitu MS Aida Vita yang merupakan kapal cruise pertama di tahun 2020 dengan membawa 1.238 wisatawan mancanegara (wisman) dan 401 crew pada 15 Januari lalu dan MS Seven Sea Voyager dengan 595 wisman dan 458 crew pada 14 Februari.

Baca juga: Ternyata kunjungan kapal pesiar tak berkontribusi besar bagi Raja Ampat
 

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar