Ofisial VAR akui luput hukum Lo Celso dalam laga Chelsea kontra Tottenham

id var,tottenham,chelsea,liga inggris,giovani lo celso,frank lampard

Ofisial VAR akui luput hukum Lo Celso dalam laga Chelsea kontra Tottenham

Gelandang Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso (kiri atas) bereaksi setelah melakukan pelanggaran terhadap kapten Chelsea Cesar Azpilicueta (kiri bawah) dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (22/2/2020). (ANTARA/REUTERS/Paul Childs)

Jakarta (ANTARA) - Ofisial asisten wasit video (VAR) Liga Inggris merilis pernyataan yang mengakui luput mengambil langkah tegas menghukum gelandang Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso dalam laga pekan ke-27 melawan Chelsea di Stamford Bridge, London, Sabtu.

Pada menit ke-52 pertandingan Lo Celso terlihat menginjak tulang kering kaki kanan kapten Chelsea Cesar Azpilicueta, tetapi tidak ada hukuman apapun baik kartu kuning maupun kartu merah.



Lo Celso kemudian menerima kartu kuning atas pelanggaran lain yang dilakukannya kepada Mason Mount pada menit ke-82.

Selepas pertandingan berakhir, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku ofisial VAR mengakui kesalahan itu terjadi akibat human error dari petugas yang memantau VAR di laga tersebut, demikian lansiran Sky Sports.

David Cote merupakan petugas VAR yang memantau pertandingan itu di Stockley Park.

Chelsea akhirnya memenangi pertandingan 2-1 berkat gol Olivier Giroud dan Marcos Alonso tapi sang manajer Frank Lampard tetap melontarkan kritik atas luputnya hukuman terhadap tindakan Lo Celso tersebut.



"Semua orang tahu itu sebuah kesalahan," kata Lampard selepas laga dilansir laman resmi Chelsea.

"Kami juga punya monitor di depan bangku cadangan dan bisa melihat tayangan ulang insiden, dan sejujurnya saya menunggu ada kartu merah dikeluarkan wasit sebab itu pelanggaran yang membahayakan," ujarnya menambahkan.