Timnas kalah 1-4 dari Persita, Shin Tae-Yong mengaku kecewa

id timnas indonesia,shin taeyong ,kualifikasi piala dunia

Timnas kalah 1-4 dari Persita, Shin Tae-Yong mengaku kecewa

Tim nasional Indonesia (berseragam merah) bertanding melawan Persita Tangerang dalam laga persahabatan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Pertandingan itu berakhir dengan skor 1-4 untuk kemenangan Persita. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong mengaku kecewa skuat asuhannya kalah dengan skor 1-4 dari Persita dalam laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

"Jujur untuk skor pertandingannya saya kecewa," ujar Shin setelah pertandingan usai.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu berusaha untuk maklum.

Sebab, menurut dia, pemain timnas Indonesia dalam kondisi kelelahan karena terus melahap latihan fisik sejak awal pemusatan latihan (TC) pada 14 Februari 2020.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani tes fisik di hari keenam TC

Sebanyak sembilan dari 33 pemain yang sebelumnya ada di TC juga kembali karena harus memperkuat timnya masing-masing di Piala AFC 2020. Empat pemain juga disebut Shin mengalami cedera.

"Saya pun sama sekali belum memberikan strategi yang dapat diaplikasikan untuk pemain. Hari ini jelas anak-anak sangat lelah. Namun dari pertandingan ini saya bisa mengetahui level pemain," kata Shin.

Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-4 dari Persita, Jumat (21/2). Satu-satunya gol timnas dilesakkan oleh Rizky Pora melalui tendangan bebas.

Sementara gol-gol Persita dihasilkan oleh bunuh diri Rahmat Irianto serta gol Samsul Arif, Eldar Hasanovic dan Aldi Al Achya.

Laga itu sekaligus menjadi pertandingan pertama bagi Shin Tae-Yong sejak ditunjuk menangani tim nasional Indonesia.

Baca juga: Gantikan Danurwindo, Indra Sjafri jabat direktur teknik PSSI

Pertandingan pada Jumat (21/2) atau hari kedelapan TC, tidak seperti hari-hari sebelumnya, latihan timnas hanya diikuti 24 dari 33 pemain yang dipanggil.

Hal itu karena sebanyak enam pemain Bali United yakni Nadeo Argawinata, Ricky Fajrin, Gavin Kwan Adsit, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic dan Lerby Eliandri kembali ke klub karena mempersiapkan diri menuju kompetisi Piala AFC 2020.

Alasan serupa juga menjadi alasan di balik kembalinya dua pemain PSM Asnawi Mangkualam Bahar dan Muhammad Rizky Eka ke tim.

Di Piala AFC 2020, Bali United akan bertandang ke Kamboja untuk melawan wakil Kamboja Preah Kahn Reach Svay Rieng pada Selasa (25/2).

Sementara PSM Makassar akan menjamu wakil Myanmar Shan United pada Rabu (26/2) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pemain terakhir yang meninggalkan TC lebih awal adalah gelandang Bhayangkara FC Teuku Muhammad Ichsan yang sakit.

TC timnas Indonesia berlangsung pada 14-23 Februari 2020 dan digelar sebagai persiapan menghadapi laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Agenda terdekat kualifikasi itu, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand pada 26 Maret 2020. Lima hari kemudian, pada 31 Maret 2020, Indonesia akan menjamu Uni Emirat Arab.