Prabowo-Luhut membahas rencana kerja sama persenjataan dengan Abu Dhabi

id Prabowo subianto, luhut binsar pandjaitan,kerja sama uea

Prabowo-Luhut membahas rencana kerja sama persenjataan dengan Abu Dhabi

Ilustrasi: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas tentang hilirisasi industri produk-produk unggulan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambangi kantor Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat siang, untuk membahas rencana kerja sama bidang persenjataan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Kita ngomong-ngomong saja. Dia mau pergi ketemu Menhan Abu Dhabi. Tanggal 24 Februari ada pertemuan di sana. Ada rencana kerja sama mengenai drone, mengenai persenjataan," kata Luhut Pandjaitan yang ditemui seusai pertemuan itu di kantornya di Jakarta, Jumat.

Menurut Luhut Pandjaitan, ia memang membuka komunikasi dengan pihak Abu Dhabi (UEA). Ada pun tindak lanjut eksekusi kerja sama akan dilakukan oleh menteri atau pihak terkait.



Purnawirawan Jenderal TNI itu menjelaskan rencana kerja sama nantinya meliputi pembuatan drone oleh pihak Indonesia. Kerja sama juga meluas ke bidang dirgantara hingga persenjataan, termasuk soal amunisi.

"Jadi kita buatkan drone. Mereka (Abu Dhabi) ingin joint venture dengan pengembangan teknologi (Indonesia). Kita pengen bikin yang canggih," ujar Luhut Pandjaitan.

Seusai pertemuan, Prabowo sendiri langsung bergegas menuju mobil Toyota Alphard putihnya. Meski sempat menjawab pertanyaan dari awak media, ia tidak menyinggung soal rencana kerja sama dengan Abu Dhabi yang dibahasnya bersama Luhut Pandjaitan.