116 peserta tidak mengikuti tes CPNS Kota Bandarlampung

id BKD Bandarlampung,Tes CPNS

116 peserta tidak mengikuti tes CPNS Kota Bandarlampung

Kepala BKD Kota Bandarlampung Wakhidi saat di lokasi tes CAT CPN di ITERA Lampung Selatan, Selasa (18/2/2020) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Sebanyak 116 peserta dari 2.529 orang tidak mengikuti tes seleksi kemampuan dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Bandarlampung yang dilaksanakan di Institut Teknologi Sumatera.

"Kita melaksanakan tes CPNS selama dua hari, dimana kemarin kita sudah melaksanakan satu sesi dan hari ini ada lima sesi, dari keseluruhan sesi yang mengikuti tes sebanyak 2.413 dari 2.529 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandarlampung, Wakhidi, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa peserta yang tidak hadir tersebut dikarenakan alasan yang bermacam-maca seperti keterlambatan regestrasi karena datang terlambat ataupun memang tidak hadir saat tes.

"Sudah pasti yang datang telat itu pasti tidak bisa ikut test karena mereka tidak regestrasi," tegasnya.

Ia menyebutkan dari enam sesi yang dilaksanakan lima sesi diisi oleh lima ratus peserta CPNS dalam satu ruangan kecuali di sesi terakhir yang berisi hanya 29 orang saja.

"Hari ini kami ada lima sesi dan kemarin (17/2) Selasa, ada satu sesi dan itu sesi lima," jelasnya.

Pada sesi pertama atau lima Senin (17/2), lanjutnya, dari lima ratus peserta yang tidak hadir sebanyak 27 orang, sesi pertama hari ini ada 21 orang sesi dua dan tiga masing-masing ada 24 peserta dan sesi empat 18 orang dan  dari 27 orang di sesi terakhir yang tidak hadir ada 2 orang," jelasnya.

Wakhidi menjelaskan bahwa untuk tes CPNS tahun ini memiliki nilai ambang batas minimal 271 dengan rincian tes kepribadian (TKP) memiliki nilai ambang batas 126, kemudian untuk tes intelengisia umum (TIU) 80 dan tes kewarganegaraan (TWK) 65.

Namun, yang harus diperhatikan meski nilai mereka tinggi melampaui nilai ambang batas minimal tapi kalau ada nilai yang rendah dan tidak memenuhi standard dalam tiga kategori tersebut sudah bisa dipastikan juga mereka tidak lulus.

"Misal nilaii mereka 300 secara keseluruhan dengan rincian TKP nya 200, TIU 80 dan TWK hanya 20, sudah pasti ini tidak lulus karena TWK-nya di bawah nilai ambang batas," jelasnya.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar