Sepi pengunjung dua objek wisata di Gunung Kidul mati suri

id Wisatawan,Gunung Kidul

Sepi pengunjung dua objek wisata di Gunung Kidul mati suri

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Heri Suknomo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Sebanyak dua objek wisata zona selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mati suri karena fasilitas pendukung tidak memadai, sehingga wisatawan enggan berkunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunung Kidul Hari Sukmono di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan ada dua objek wisata zona selatan yang mati suri yakni puncak 4G dan Green Vilage di Gedangsari.

"Hal ini dikarenakan ada permasalahan internal di pengelola, serta fasilitas infrastruktur. Ini menjadi catatan bersama. Jika bisa, nanti dibenahi. Namun jika itu merupakan tanggungjawab kelompok ya kelompok," kata Hari Sukmono.

Selain itu, puncak 4G meski sudah ditarik retribusi ternyata belum memiliki kelompok sadar wisata (pokdarwis). Pemerintah desa (pemdes) sebenarnya telah menjembatani namun hingga sekarang belum terbentuk.

“Kemudian Green Vilage. Di tempat ini sarana flaying fox terkendala persoalan pemeliharaan. Kami sedang masuk untuk komunikasi dengan pengelola. Green Vilage sudah ditarik retribusi,” ungkapnya.

Seorang wisatawan Amad Nurcahyo mengatakan, belum lama ini mengunjungi objek wisata puncak 4G. Bersama dengan teman-temannya menaiki puncak 4G untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

“Tapi saya kaget. Datang ke puncak 4G sudah tidak ada aktifitas wisata seperti pengelola, maupun pedagang. Objek wisatanya sepi,” kata Amad Nurcahyo.

Suasana sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Amad mengaku lebih dari sekali ngecamp di puncak 4G. Dulu, ada penjual minuman sampai ke puncak sehingga memudahkan pengunjung untuk melengkapi kenyamanan berwisata. Akses jalan menuju puncak 4G sekarang sudah lumayan bagus.

"Tetapi justru sepi pengunjung ya sekarang,” ucap Amad.

Menurut dia, aktifitas wisata baru terlihat pada saat akhir pekan. Ada geliat tukang parkir untuk kendaraan pengunjung. Namun pada hari-hari biasa, sepi sehingga bagi wisatawan yang baru datang dimungkinkan kebingungan.

“Saya juga sedih, lokasi selfie di puncak 4G juga mulai rusak sehingga tidak enak dipandang,” katanya.