BPS Lampung minta masyarakat berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020

id bps lampung, sensus penduduk, gubernur lampung

BPS Lampung minta masyarakat berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat sensus penduduk secara daring. ANTARA/HO

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung meminta masyarakat setempat berpartisipasi dalam sensus penduduk secara dalam jaringan (daring) supaya diperoleh data kependudukan yang akurat dan terkini.

"Kita harus berpartisipasi dalam sensus penduduk," jelas Kepala BPS Provinsi Lampung, Faizal Anwar, di Bandarlampung, Minggu.

Ia berharap seluruh masyarakat Lampung berpartisipasi dalam sensus penduduk daring sesuai dengan petunjuk.

Ia menyebut pentingnya warga menyiapkan, antara lain kartu keluarga dan kartu tanda penduduk untuk mendukung kelancaran sensus tersebut.

"Ketika kami mendapatkan informasi jujur dari masyarakat, maka 'data base' (basis data) akan menjadi baik dan dapat dijadikan kebijakan yang membawa dampak baik bagi masyarakat," kata dia.

Sensus Penduduk 2020 secara daring dilaksanakan mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Warga diminta mengakses web sensus. bps.go.id. untuk sensus tersebut.

"Kami juga menyediakan 'call center' (pusat panggilan) untuk membantu masyarakat yang masih belum jelas dalam pengisian data," kata Faizal.

Terkait dengan masyarakat yang gagap teknologi dan belum terdata, pihaknya akan melakukan sensus secara wawancara selama 1-31 Juli 2020.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan sensus penduduk dilakukan BPS setiap 10 tahun sekali.

Ia berharap, angka-angka yang didapatkan antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Provinsi Lampung dan BPS Provinsi Lampung bisa satu data atau sama dan valid.

"Data ini diharapkan satu dan valid sehingga dapat kita gunakan untuk berbagai program, seperti menemukan masyarakat yang benar-benar miskin dan memerlukan BPJS, memberikan bantuan pangan, pengembangan produksi padi, dan lainnya," kata dia.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar