Aji Bandarlampung-PKBI beri pelatihan HKSR bagi jurnalis

id Aliansi Jurnalis Independen,Pelatihan jurnalis ,AJI-PKBI

Aji Bandarlampung-PKBI beri pelatihan HKSR bagi jurnalis

Kegiatan pelatihan Jurnalis terkait hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) oleh AJi Bandarlampung dan PKBI, Sabtu. (ANTARA/Dian Hadiyatna/ HO)

Bandarlampung (ANTARA) -

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung bersama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Lampung mengadakan pelatihan bagi jurnalis terkait hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR).

"Kami memberikan pelatihan ini sebab ingin memberikan perspektif kepada jurnalis sehingga liputan yang disajikan media terkait isu-isu HKSR tidak bias,” kata Ketua AJI Bandarlampung Hendry Sihaloho, di Bandarlampung, Sabtu.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di aula PKBI, Gulak Galik, Telukbetung Utara, Bandarampung. Kegiatan bagi jurnalis ini akan berlangsung serial hingga April 2020 mendatang.

Dia mengatakan bahwa agenda pelatihan ini akan digelar dua kali dalam satu bulan dengan materi di setiap pertemuan berbeda dan disertai diskusi oleh peserta dan pemateri.

"Nantinya pihak PKBI memberikan materi seputar isu-isu HKSR, sedangkan AJI dari sisi jurnalistik. Kami berharap, peserta dapat mengikuti pelatihan hingga selesai sehingga, dapat memahami persoalan HKSR secara utuh,” ujarnya. 

Koordinator Skala PKBI Sugesti Aprilia menyampaikan, materi pada pelatihan perdana dikemas dengan melibatkan peserta seperti, main games dan bertukar pikiran, sehingga peserta tidak merasa bosan.

“Pesertanya kan belasan jurnalis muda. Saya pun kalau hanya mendengar materi jadi bosan, jadi kita berusaha membuat peserta aktif," kata dia.

Sementara itu, Mitha Setiani Asih, salah satu peserta, merasa penasaran untuk terus ikut pelatihan selanjutnya sebab materi yang disampaikan oleh pemateri menarik.

"Saya juga ingin tahu banyak terkait isu HKSR,"kata dia.