Wali Kota Bandarlampung ajak warga sukseskan sensus penduduk 2020

id Wali Kota Bandarlampung,Badan Pusat Statistik

Wali Kota Bandarlampung ajak warga sukseskan sensus penduduk 2020

Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat melaksanakan sensus penduduk 2020, Sabtu (15/2/2020) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -

Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengajak warganya untuk menyukseskan pelaksanaan program Sensus Penduduk 2020 yang digelar Badan Pusat Stastistik (BPS) dengan melakukan dua metode.

"Hari ini saya melakukan sensus untuk memberi contoh kepada masyarakat agar mereka juga ikut mengakses sensus ini secara online ataupun wawancara," kata Wali Kota Herman HN, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, pelaksanaan sensus penduduk secara online tidak sulit dan sangat cepat serta semua data itu nantinya akan terkover di BPS pusat.

"Mungkin dalam satu pekan ini pendataan akan sampai ke tingkat lurah, RT maupun lingkungan sehingga saya minta masyarakat dapat ikut sukseskan program ini," katanya.

Sementara itu Kepala BPS Kota Bandarlampung, Ahmad Nasarudin mengatakan bahwa rata-rata pengerjaan sensus untuk satu keluarga memakan waktu lima menit.

Ia mengatakan bahwa publik pun tak perlu khawatir untuk keamanan dan kerahasiaan data mereka karena hal itu dijamin oleh Undang-undang (UU). Yang terpenting masyarakat yang tidak memberitahukan Nomor Induk Keluarga (NIK)-nya ke orang lain.

"Satu kepala keluarga cukup satu orangnya saja yang masukin NIK dan KK untuk identitas yang lainnya," kata dia.

Ia menyebutkan bahwa untuk sensus penduduk secara online ini pihaknya menargetkan 22 persen masyarakat ikut dalam metone ini dan sisanya akan dilakukan secara wawancara dengan menandatangani rumah mereka.

"Untuk sensus secara online akan dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2020 sedangkan yang wawancara akan kita laksanakan dari tanggal 1 hingga 30 Juli 2020," kata dia.