Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk turunkan angka kematian ibu dan anak

id rosade lampung, pemprov lampung

Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk turunkan angka kematian ibu dan anak

Simposium Rosade Lampung 2020 di Bandarlampung, Jumat. (Foto : Antara Lampung/HO).

Bandarlampung (ANTARA) - Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, kata Ketua Pengurus Pusat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (PP POGI) Ari Kusuma Januarto.

"Stunting (Kekerdilan) juga merupakan tanggungjawab kami, karena kita tahu mungkin permasalahan stunting muncul pada waktu masa kehamilan, bagaimana nutrisi ibu hamil itu penting sekali," ujar Ari pada simposium Rosade Lampung 2020 ke-3 di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan permasalahan stunting juga menjadi tugas dari spesialis obstetri dan ginekologi.

Ari dalam kesempatan itu mengapresiasi kehadiran Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang menunjukan bentuk kepedulian terhadap kesehatan di Provinsi Lampung.

"Ayo selama ini kita sudah sama-sama bekerja tetapi kita belum bekerja sama, pada kesempatan ini menjadi momen yang baik untuk kita maju ke depan bersama-sama khususnya untuk Lampung," jelasnya.

Ketua Panitia kegiatan itu M Indrawan Yachya menerangkan rosade adalah pertemuan rutin para spesialis obstetri dan ginekologi atau dokter kebidanan dan kandungan regional Sumatera bagian Selatan, Bangka Belitung dan direncanakan akan diperluas hingga se-Sumatera.

Acara ini, tambahnya juga merupakan wadah peningkatan pengetahuan dan keterampilan khususnya dalam penanganan kasus-kasus kebidanan dan kandungan.

"Sekaligus sebagai sarana silaturahmi antar dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter umum dan bidan serta tenaga kesehatan lainnya," ujar Indrawan.

Ia menyebutkan pelaksanaan rangkaian kegiatan sendiri telah dilaksanakan sejak 12 Februari 2020 berupa kegiatan pelatihan InAlarm dan berbagai workshop.

"Workshop dalam menunjang pelayanan kesehatan sehari-hari khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan hari ini pelaksanaan simposium," lanjutnya.

Indrawan berharap para peserta Rosade Lampung 2020 bisa semakin berkiprah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan reproduksi perempuan.