Meningkatnya ketakutan atas virus corona akibatkan Wall Street turun

id Wall Street,indek S&P,indeks Dow,indeks Nasdaq

Meningkatnya ketakutan atas virus corona akibatkan Wall Street turun

Wall Street. (Reuters) (Reuters/)

New York (ANTARA) - Wall Street melemah pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), mundur dari rekor tertinggi karena investor mempertimbangkan perkembangan virus corona baru dan laba perusahaan yang beragam.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 128,11 poin atau 0,43 persen, menjadi berakhir di 29.423,31 poin. Indeks S&P 500 turun 5,51 poin atau 0,16 persen, menjadi ditutup di 3.373,94 poin. Indeks Komposit Nasdaq berkurang 13,99 poin atau 0,14 persen, menjadi berakhir di 9.711,97 poin.

Saham-saham teknologi memimpin ketiga indeks utama AS lebih rendah, dengan blue-chips Dow menderita persentase kerugian terbesar.

Dari 11 sektor utama dalam S&P 500, tujuh ditutup di zona merah, dipimpin oleh sektor industri. Sektor utilitas dan kebutuhan pokok konsumen defensif, menikmati persentase kenaikan terbesar.

Harapan bahwa epidemi virus corona bisa semakin berkurang menjadi suram oleh lonjakan kematian, dengan 242 tambahan yang membuat korban virus corona China menjadi 1.367. Selain itu, ribuan lainnya didiagnosis karena metodologi pengujian baru.

Namun, masih ada sedikit optimisme ketika direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada pengarahan berita bahwa "kita tidak melihat peningkatan dramatis dalam kasus di luar China."

"Pada hari seperti hari ini investor hanya harus mengambil langkah dengan tenang," kata Charlie Ripley, ahli strategi pasar senior untuk Allianz Investment Management di Minneapolis.

Namun, aksi jual sesi terakhir relatif tidak terdengar.

"Ada berita utama yang bolak-balik ... tetapi investor menyadari ini adalah peristiwa kuartal pertama dan ketidakpastian cenderung berkurang," tambah Ripley.

Memang, dalam laporan ekonomi kepada Kongres awal pekan ini, Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan bank sentral menilai risiko virus corona dan ancaman potensial lainnya, menunjukkan setiap perubahan pada kebijakan akomodatifnya tidak mungkin tahun ini.

Musim pelaporan kuartal keempat mendekati akhir, dengan 378 perusahaan di S&P 500 membukukan hasil. Dari mereka, 71,2 persen naik melebihi estimasi konsensus, menurut data Refinitiv.

Analis sekarang melihat agregat laba kuartal keempat meningkat pada tingkat tahunan 2,5 persen, pembalikan nyata dari penurunan 0,3 persen yang terlihat pada awal tahun.

Cisco Systems Inc jatuh 5,2 persen setelah memberikan prospek pendapatan dan laba yang tidak memuaskan.
Tesla Inc naik 4,8 persen setelah mengumumkan pihaknya akan menghimpun dana dua miliar dolar AS dalam penawaran saham.

Alibaba Group memperingatkan bahwa virus corona yang menyapu China akan merusak pendapatannya. Saham perusahaan e-commerce itu melemah 1,8 persen.

American International Group Inc tergelincir 6,2 persen meskipun melaporkan laba kuartalan lebih baik dari perkiraan pada penjaminan yang lebih kuat di unit asuransi umum.

Volume transaksi di bursa efek Amerika Serikat mencapai 6,86 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 7,64 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.